PT Pupuk Kujang menyalurkan sekitar ribuan paket sembako kepada masyarakat jompo dan dhuafa di sejumlah desa yang berada di sekitar pabrik.

"Kegiatan ini merupakan agenda rutin di setiap Ramadhan. Kali ini Pupuk Kujang menyalurkan 3.028 paket sembako," kata Didin Nahrudinsyah, AVP Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT Pupuk Kujang, di Karawang, Kamis.

Ia mengatakan, penyaluran sembako kepada masyarakat itu merupakan bagian dari pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan yang sesuai dengan peta jalan keberlanjutan Pupuk Kujang.

Baca juga: Pupuk Kujang salurkan pupuk subsidi tepat waktu ke Cianjur

Diharapkan, kegiatan tersebut bisa membantu dan memudahkan masyarakat untuk mendapat kebutuhan pokok dan memenuhi kebutuhan gizi di bulan Ramadhan.

"Ya paling tidak, melalui penyaluran paket sembako itu, kami bisa meringankan beban ekonomi masyarakat,” katanya.

Menurut dia, penyaluran bantuan Ramadhan merupakan agenda rutin perusahaan yang dilakukan sejak puluhan tahun lalu. Program rutin ini sejalan dengan pilar pembangunan sosial dalam tujuan pembangunan berkelanjutan ke-1 dan 2, yakni tanpa kemiskinan dan tanpa kelaparan.

Baca juga: Pupuk Kujang pertama kalinya raih penghargaan Proper Emas dari KLHK

Selain itu, penyaluran bantuan itu juga bisa meningkatkan hubungan yang harmonis antara perusahaan dan pemangku kepentingan di sekitar wilayah operasional.

Dalam penyaluran paket sembako itu, Pupuk Kujang berkolaborasi dengan keluarga karyawan dan Majelis Taklim Muslimah Nahrul Hayat Pupuk Kujang.

Majelis Taklim yang aktif menggelar kegiatan keagamaan di Masjid Nurul Hayat itu ikut mendistribusikan bantuan di tujuh desa, yakni Desa Kalihurip, Dawuan Barat, Dawuan Tengah, Dawuan Timur, Kamojing, Cikampek Pusaka dan Cikampek Selatan.

Baca juga: Pupuk Kujang terus terapkan konsep peduli lingkungan di setiap aktivitas pabrik

Koordinator Bakti Sosial Majelis Taklim Nahrul Hayat, Yuni Adityagung, berharap agar ke depannya bisa lebih banyak mustahik yang dapat diberikan bantuan paket sembako itu.

"Mudah-mudahan ke depannya pihak perusahaan berkolaborasi kembali. Sehingga bantuan yang disalurkan bisa menyasar ke daerah lain,” kata Yuni. (KR-MAK)

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023