Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Jawa Barat, tahun ini memperbaiki 11 gedung pusat kesehatan masyarakat atau puskesmas sebagai upaya peningkatan pemenuhan kebutuhan kesehatan masyarakat.

Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Bekasi Benny Sugiarto Prawiro mengatakan perbaikan sarana penunjang itu diharapkan mampu mengoptimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara lebih baik serta nyaman.

"Anggaran sudah disiapkan pada tahun ini yang bersumber dari APBD Kabupaten Bekasi 2023. Untuk jumlah anggaran keseluruhan kurang lebih Rp11,5 miliar," katanya di Cikarang, Kamis.

Baca juga: Pemkab Bekasi segera perbaiki jalan ambles di Tambun Utara

Dia menjelaskan berdasarkan Rencana Kerja Bidang Bangunan Negara 2023, pekerjaan perbaikan sarana pendukung kesehatan ini dilakukan di Puskesmas Lambang Sari, Sukatani, Wanajaya, dan Sukaindah.

"Kemudian di Pustu Cikarang Kota, Sukahurip, Jayabakti, Sukamukti, Wanasari, Karangsari, serta Pustu Karangmukti," katanya.

Benny menyebutkan sembilan dari total 11 fasilitas kesehatan itu mendapat alokasi pekerjaan rehabilitasi bangunan gedung, sedangkan dua puskesmas lain masing-masing pemagaran serta penataan dan pemeliharaan gedung.

Baca juga: Pemkab Bekasi perbaiki 257 ruang sekolah alami kerusakan

"Mayoritas rehab gedung, kecuali untuk Puskesmas Wanajaya itu akan dilakukan pemagaran dan di Puskesmas Sukaindah itu penataan dan pemeliharaan gedung," katanya.

Ia berharap realisasi pekerjaan tersebut bisa mulai dilaksanakan pada triwulan kedua tahun ini dan di triwulan ketiga sudah selesai, sehingga masyarakat dapat segera merasakan manfaat.

Pihaknya mengatakan fasilitas serta lingkungan puskesmas harus aman, berfungsi dengan baik, serta menghadirkan situasi nyaman bagi masyarakat yang hendak berobat ke puskesmas.

Baca juga: Pemkab Bekasi segera perbaiki ratusan rumah rusak akibat bencana

"Dengan dilakukan perbaikan puskesmas diharapkan masyarakat bisa aman, nyaman, serta mendapatkan pelayanan yang lebih maksimal nanti," ucap dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023