Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menyiapkan sekitar 1.000 lokasi pelayanan imunisasi pada Pekan Imunisasi Nasional sebagai upaya pencegahan muncul kembali kasus polio di daerah tersebut.

"Kita dirikan sebanyak mungkin pos pelayan imunisasi, agar bisa melayani semua masyarakat," kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika di Purwakarta, Senin.

Pos pelayanan imunisasi pada Pekan Imunisasi Nasional itu, di antaranya rumah sakit, puskesmas, posyandu, dan pos-pos pelayanan imunisasi di pusat-pusat keramaian, seperti pasar tradisional dan toko modern.

Baca juga: Pemkab Purwakarta segera lakukan imunisasi pada 78.077 balita pascatemuan polio

"Kita tidak ingin ada anak balita yang tidak terlayani imunisasi. Kita akan berusaha agar Pekan Imunisasi Nasional ini berlangsung dengan sukses," kata dia.

Untuk memastikan semua balita bisa mendapatkan pelayanan imunisasi, ia memerintahkan semua tenaga medis dan jajaran Pemkab Purwakarta terus menyisir semua wilayah pemukiman warga.

"Kita perintahkan mereka untuk mendata ulang dan menyisir langsung ke rumah-rumah masyarakat. Sampai dengan tanggal 9 April nanti, petugas kesehatan harus terus menyisir masyarakat untuk memastikan para balita mendapatkan imunisasi," katanya.

Baca juga: Pekan imunisasi akan digelar di Purwakarta menyusul temuan kasus polio

Pekan Imunisasi Nasional digelar serentak secara nasional, berlangsung pada 3-9 April 2023 untuk putaran pertama dan 15-21 Mei putaran kedua.

Ia menyampaikan di daerah setempat target anak yang menjadi sasaran pemberian imunisasi sebanyak 78.077 bayi dengan kategori usia 0-59 bulan.

Ia meminta masyarakat benar-benar memanfaatkan Pekan Imunisasi Nasional tersebut, sebab selain untuk pencegahan polio, imunisasi tersebut juga bisa sebagai upaya pencegahan stunting guna mewujudkan sumber daya berkualitas di Purwakarta.

Baca juga: Bupati Purwakarta mengaku tidak pernah tutupi adanya kasus polio di daerahnya

"Kepada masyarakat tolong agar memaksimalkan imunisasi ini, jangan sampai tidak. Ini harus menjadi tanggung jawab kita bersama untuk memberantas penyakit polio di Purwakarta," katanya. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023