Polres Sukabumi meningkatkan pengawasan terhadap peredaran petasan untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas selama bulan Suci Ramadhan 1444 khususnya di wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.
 
"Kami sudah menginstruksikan kepada seluruh jajaran khususnya yang bertugas di tingkat polsek untuk meningkatkan pengawasan dan rutin melaksanakan operasi petasan," kata Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede di Sukabumi pada Jumat, (31/3).
 
Menurut Maruly, selama menjalani ibadah Puasa Ramadhan masyarakat tentu ingin merasa aman dan nyaman serta bisa melaksanakan puasa dengan khusuk salah satunya tidak terganggu oleh ledakan suara petasan.

Baca juga: Polisi jebloskan Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi ke penjara akibat gelapkan mobil
 
Maka dari itu, untuk mewujudkan rasa aman dan nyaman bagi warga yang sedang menjalani ibadah puasa di bulan suci umat Muslim ini, pihaknya melakukan berbagai pengamanan, salah satunya dengan melakukan razia kepada pedagang, warung maupun kios di berbagai lokasi yang disinyalir menjual petasan.

Sementara, dari hasil razia yang dilakukan personel Polsek Parungkuda di beberapa titik wilayah hukumnya seperti di Jalan Raya Siliwangi, Kecamatan Parungkuda, pihaknya berhasil menyita puluhan gepok petasan korek dan petasan berukuran besar dari.
 
"Petasan itu kami sita dari sejumlah warung yang rencananya barang bukti ini akan dimusnahkan. Razia atau operasi petasan akan terus kami lakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman serta menjaga kesucian Ramadhan dari berbagai aktivitas negatif," kata Kapolsek Parungkuda Kompol Iman Prayitno.

Baca juga: Kapolres Sukabumi pastikan jalur Pansela layak digunakan untuk jalur mudik lebaran

Selain melakukan razia pihaknya pun memberikan imbauan kepada pedagang untuk tidak lagi menjual petasan, karena selain bisa mengancam keselamatan diri sendiri dan orang lain, juga berpotensi terjadinya musibah seperti kebakaran dan memicu terjadinya tindak kriminal seperti perkelahian, penganiayaan tawuran dan lain sebagainya dampak dari ledakan petasan.
 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023