Selama Ramadhan tahun ini Masjid Ukhuwah Islamiyah Universitas Indonesia (UI) yang berada di Kampus Depok mengadakan berbagai kegiatan sebagai bagian dari syiar Ramadhan.

Kepala Makara Art Center UI Dr Ngatawi al-Zastrouw di Depok, Senin, menyatakan syiar Ramadhan merupakan bentuk ibadah ghairu mahdhah yaitu ibadah yang tidak ada petunjuk pelaksanaan dan teknis secara jelas dalam teks. Ibadah jenis ini memberikan ruang bagi umat Islam untuk melakukan inovasi.

Para ulama, khususnya ulama Nusantara, kata dia, telah memberikan contoh dalam melakukan inovasi dalam ibadah ghairu mahdhah ini sebagaimana tercermin dalam tradisi halal bi halal buka bersama, imsak, dan sejenisnya, termasuk pelaksanaan syiar Ramadhan.

Baca juga: Peringati Maulid Nabi, Masjid UI Depok berbagi kasih dengan 1.081 anak yatim

Selanjutnya Zastrouw menyatakan melalui inovasi kreatif seperti ini ajaran Islam dapat diterima dengan mudah dan penuh suka cita oleh bangsa di Nusantara hingga lestari sampai saat ini.

Ketua Masjid Ukhuwah Islamiyah kampus UI Depok KH. Ahmad Solechan menyampaikan masjid Ukhuwah Islamiyah telah menyelenggarakan berbagai kegiatan, baik dalam bentuk kajian Islam, gerakan sosial, maupun gelar budaya.

Semua ini di maksudkan untuk menanamkan nilai-nilai Islam yang rahmatan lil ‘alamin dan menumbuhkan sikap moderat, kreatif dan inovatif dalam beragama.

Baca juga: Imam besar Masjid Istiqalal berikan tausiah di FKM UI

"Alhamdulillah kegiatan yang diselenggarakan Masjid Ukhuwah Islamiyah kampus UI Depok mendapat respons positif dari masyarakat. Namun demikian kami tetap mengajak sivitas akademika UI untuk tetap intens berpartisipasi agar lebih syiar," kata KH Achmad Solechan.

Acara pembukaan syiar Ramadhan Masjid Ukhuwah Islamiyah kampus UI ini juga dihadiri oleh staf Khusus (stafsus) Menteri Agama bidang Komunikasi dan Media Prasetyo Wibowo, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor Syukri Ahmad Fanani, beserta ratusan jamaah dari elemen sivitas akademika UI, dan masyarakat umum.

Baca juga: Masjid Ukhuwah Islamiyah Kampus UI memupuk kebersamaan jamaah

Selain gelar seni shalawat dan tausiyah budaya, syiar Ramadhan masjid UI Depok juga dimeriahkan keberadaan stan kuliner yg ada di sekitar masjid.

Acara syiar Ramadhan masjid UI ini akan berlangsung setiap hari selama bulan Ramadhan dengan berbagai agenda kegiatan yang menarik.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023