Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Depok, Jawa Barat, menyiapkan platform Eazy Plan untuk memfasilitasi masyarakat menyampaikan aspirasi dan ide pembangunan secara langsung tanpa ada perantara.

Kepala Bappeda Kota Depok Dadang Wihana di Depok, Jumat, menjelaskan semua masyarakat ber-KTP Depok sudah dapat mengakses e-musrenbang.depok.go.id untuk menyampaikan usulan pembangunan, misalnya perbaikan dan pelebaran jalan.

"Melalui platform ini diharapkan akan dapat meningkatkan partisipasi aktif warga dalam perencanaan program pembangunan di Kota Depok," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Depok lanjutkan program anggaran kelurahan Rp5 miliar
Baca juga: Mahasiswa UI ciptakan aplikasi SAKTI percepat penurunan kasus stunting di Kota Depok

Dikatakannya, setelah membuka platform tersebut publik dapat melakukan login (masuk) ke halaman pendaftaran dengan memasukkan identitas lengkap dan kata sandi untuk pembuatan akun. Kemudian kembali login dengan menggunakan username/NIK dan password yang sudah didaftarkan.

"Lalu ke halaman usulan warga dan silahkan untuk masukkan usulan atau ide-ide masyarakat dengan mengikuti tata cara penginputan," papar Dadang.

Dadang menuturkan semua usulan yang disampaikan ke dalam Easy Plan juga dapat menjadi bahan kebijakan penyusunan perencanaan pembangunan.

Baca juga: Revitalisasi Stasiun Pondok Rajeg akan dikembangkan dengan sub terminal

"Platform ini transparan, semua usulan masuk. Perangkat daerah, kecamatan, kelurahan bisa akses dan lihat langsung kebutuhan masyarakatnya apa," tuturnya.

"Sehingga proses pembangunan ke depannya lebih terarah dan fokus pada kebutuhan masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023