Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, meraih juara tiga terbaik kategori kabupaten di tingkat nasional pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM) tahun anggaran 2022 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Pada penghargaan SPM Awards ini kita meraih peringkat terbaik ketiga se-Indonesia. Jumlah penduduk Kabupaten Bogor itu sangat banyak, dan kita dinilai sudah berhasil melaksanakan Standar Pelayanan Minimal terhadap masyarakat," kata Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan di Cibinong, Bogor, Kamis.

SPM merupakan ketentuan mengenai mutu pelayanan dasar yang berhak diperoleh setiap warga negara secara minimal. SPM menjadi acuan untuk memberikan pelayanan publik secara maksimal kepada masyarakat yang berorientasi terhadap terwujudnya pelayanan publik yang prima.

Baca juga: Pemkab Bogor beri penghargaan Taman Safari Piala Panca Karsa Pariwisata
Baca juga: Pemkab Bogor bagikan 90 penghargaan dalam Anugerah Pajak Daerah 2022

Dari 32 urusan pemerintahan, ada enam urusan wajib pelayanan dasar SPM, yaitu pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum, perumahan rakyat, ketenteraman dan ketertiban umum, serta perlindungan masyarakat dan sosial.

Iwan mengaku bersyukur karena kerja keras jajaran aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor telah membuahkan hasil yang baik.

"Ke depan kita harus bisa lebih meningkatkan lagi, lebih baik lagi dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Utamanya pada enam urusan wajib pelayanan dasar," kata Iwan.

Baca juga: Bappenda Kabupaten Bogor raih penghargaan Apresiasi Jawara Ekonomi Digital Jabar

Penghargaan diberikan oleh Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) Republik Indonesia, John Wempi Wetipo kepada Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan rakyat (Aspem Kesra) Kabupaten Bogor, Hadijana pada SPM Awards yang diselenggarakan Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri di Jakarta, Selasa, 21 Maret 2023.

Untuk kategori kabupaten terbaik dalam menerapkan SPM tahun anggaran 2022, tiga terbaik diberikan kepada Kabupaten Karanganyar sebagai juara pertama, Kabupaten Soppeng sebagai juara kedua, dan Kabupaten Bogor juara ketiga.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023