Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, akan menggelar bazar murah di sepuluh lokasi sekitar wilayah Karawang selama bulan suci Ramadhan.

"Sepuluh titik bazar murah ini akan dikolaborasikan dengan jadwal tarling (tarawih keliling)," kata Asisten Daerah Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Karawang, Hanafi, di Karawang, Rabu,

Ia menyampaikan, bazar murah digelar untuk membantu masyarakat dalam memenuhi sejumlah kebutuhan pokok pada bulan suci Ramadhan.

Baca juga: Pemkab Purwakarta siapkan kegiatan bazar murah di 11 titik selama Ramadhan

Selain itu juga menjadi bagian dari upaya Pemkab Karawang dalam melakukan intervensi jika saat itu terjadi kenaikan harga kebutuhan pokok.

Disebutkan kalau bazar murah Ramadhan akan menyediakan daging sapi segar dan beku, ayam potong, sayuran, beras, minyak sayur, gula pasir, dan lain-lain.

"Berbagai jenis kebutuhan pokok disiapkan, dan tentu dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga di pasaran," katanya.

Baca juga: Pemkab Purwakarta mulai gelar bazar murah

Sementara itu, Sekretaris Daerah Karawang, Acep Jamhuri menyampaikan selain bazar murah Ramadhan yang digelar di sepuluh titik sesuai dengan agenda, disarankan agar para kepala organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Karawang juga menggelar bazar murah di desa-desa.

Selain membantu masyarakat mendapatkan sejumlah kebutuhan pokok, kegiatan itu juga penting untuk menekan laju inflasi selama bulan Ramadhan.

"Tentu ini akan menjadi hal baru di Karawang, karena tidak semua dinas terkait saja yang melaksanakan bazaar. Tetapi, bisa ke tingkat kecamatan dan hingga desa bisa menjual kebutuhan pokok dengan harga terjangkau," kata Sekda.

Baca juga: Erick Thohir tinjau pasar murah dan bazar UMKM di Purwakarta

Ia menyontohkan daerah Riau yang telah berhasil menekan laju inflasi dengan cara memperbanyak kegiatan bazar murah.

"Ada sejumput kebutuhan pokok yang bisa diintervensi atau dikendalikan harganya. Jadi ini bisa menekan laju inflasi di dalam daerah," kata dia. (KR-MAK)

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023