Citeureup, Bogor (Antara Megapolitan) - Dalam rangka menyambut HUT ke-71 Kemerdekaan RI tahun 2016, "Tiga Roda"-PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk melakukan kerja bakti di wilayah sekitar komplek pabrik Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Kami juga mengajak perusahaan-perusahaan lainnya untuk ikut dalam kerja bakti tersebut," kata Direktur Eksekutif Tiga Roda-Indocement, Kuky Permana di Citeureup, Kabupaten Bogor, Rabu.

Ia menjelaskan, kegiatan itu diikuti oleh sekitar 270 peserta yang terdiri atas direksi, karyawan, kepala desa, pegiat lingkungan hidup, dan masyarakat yang berdomisili di sekitaran pabrik.

Pihaknya menegaskan terus berkomitmen untuk  melestarikan lingkungan hidup, di antaranya seperti mengadakan kegiatan bersih-bersih untuk mewarnai perayaan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-71 pada 17 Agustus 2016.

Kegiatan yang dilakukan antara lain pembersihan sampah di area jalan raya, pembersihan drainase, dan pengecatan area pejalan kaki di Jalan Raya Mayor Oking, Citeureup, Bogor.

Kuky Permana menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud tanggung jawab sosial dan lingkungan (Corporate Social Responsibility/CSR) "Tiga Roda".

Ia menjelaskan pula bahwa perusahaan itu sudah dalam tahap melampaui program-program CSR pada umumnya.

Contohnya, seperti pada kegiatan itu perusahaan  mewajibkan untuk karyawan, khususnya tenaga kerja usia muda, yang berlibur untuk melakukan kerja sosial guna terus memupuk kepedulian terhadap lingkungan hidup dan menjalin hubungan baik antara perusahaan dengan masyarakat.

"Kepedulian terhadap lingkungan hidup harus terus ditularkan sejak usia dini, bukan hanya untuk karyawan kami, tetapi perusahaan juga membantu pengembangan sekolah Adiwiyata di desa-desa sekitar," katanya.

Upaya tersebut membuahkan hasil, setelah memakan waktu hampir empat tahun, di mana SMP Bantarjati yang berada di dekat area pabrik mendapatkan penghagaan Adiwiyata nasional pada tahun ini.

Selain mengembangkan sekolah Adiwiyata, Tiga Roda juga menyelenggarakan ajang Quarry Life Award (QLA) 2016.

Pada ajang ini perusahaan memberikan kesempatan kepada tingkat SLTA yang berada di wilayah Bogor, perguruan tinggi di hampir seluruh Indonesia, dan organisasi lingkungan hidup untuk melakukan penelitian di area tambang.

Saat ini QLA 2016 sudah masuk dalam proses penjurian di mana hasil penelitian tersebut akan menjadi pertimbangan bagi "Tiga Roda" untuk melakukan program reklamasi dan pengembangan keanekaragaman hayati di wilayah tambang perusahaan.

"Tiga Roda", peraih empat penghargaan Indonesia Green Awards 2016 dalam bidang CSR, membangun kehidupan masyarakat melalui program lima pilarnya, yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial budaya, dan keamanan.

"Kami sudah melakukan dan akan terus melakukan pengembangan masyarakat secara berkelanjutan (Sustainable Development Program/SDP) melalui praktik bisnis yang bijaksana dan memberikan sumbangsih sumber daya perusahaan bagi seluruh pemangku kepentingan," demikian Kuky Permana. (Ant).

Pewarta: Andi Jauhari

Editor : Andi Firdaus


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016