Menjelang Ramadan 1444 Hijriah kali ini, pemilik nama lengkap Aunur Rofiq Lil Firdaus atau biasa di sapa Opick melakukan daur ulang lagu Tomo Ati dengan meluncurkan single terkini Obat Hati, dengan kemegahan orkestra energi 20 tahun silam.

"Saya mengemasnya dengan aransemen baru, orkestra," kata musisi asal Jember ini tentang tembang masterpiece-nya dalam keterangannya, Kamis.

Dibilang anyar juga tidak, tetapi single lawas tersebut dikemas Opick dengan rasa baru.
Melalui bendera produser Forte Record, lagu itu diluncurkan, pada pertengahan Maret 2023 bagi pencintanya.

Tahun 2004, sejatinya ‘Tombo Ati’ pertama kali sukses keluar dari tenggorokan Opick dan tercatat dengan tinta emas. Awalnya tembang religi tersebut masuk dalam deretan album kompilasi ‘Tausiyah Dzikir dan Nasyid’.

Berselang setahun kemudian, Opick memasukkan tembang ini ke dalam album perdananya, ‘Istighfar’. Album tersebut meraih angka penjualan hampir 1 juta keping pada 2005, Opick diganjar penghargaan beberapa platinum.

Kini, Opick menghadirkan ‘lagu keramat’-nya dengan rasa baru. Single yang sudah hadir dalam platform digital, pertengahan Maret 2023 tersebut bukan tanpa sebab dihadirkan kembali dengan rasa baru. Pencinta karyakarya Opick sejak lama tentu sudah tak asing dengan kemasan versi hampir 20 tahun silam.

Tapi, bagi GenZ yang sekarang mendominasi pendengar yang memberikan apresiasi bagi karya anak negeri, juga perlu di’treatment’ dengan karya lebih indah lagi tanpa mengurangi kekuatan dari lirik ‘Tombo Ati’ yang dahsyat.

“Tombo Ati’ dengan kemasan orkestra sebagai salah satu bukti, Opick tak lelah berkarya hingga kini dengan sarat pesan dan musik indah. Rekam jejak sang legenda sudah seperempat abad di industri musik Tanah Air. 

Sampai sekarang Opick masih sibuk singgah di berbagai panggung-panggung konser, bahkan ke Negeri Jiran. Dan, ‘Tombo Ati’ benar-benar menjadi trade mark Opick yang tak lekang oleh waktu.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023