PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) melalui Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya menjamin pengguna kendaraan listrik tidak akan kesulitan mencari tempat pengisi daya saat libur mudik.

General Manager PLN UID Jakarta Raya Doddy B Pangaribuan mengatakan PLN sampai saat ini terus memperbanyak Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

"Pengguna kendaraan listrik kalau mau mudik juga tidak perlu khawatir. Sudah dibuktikan beberapa kali PLN ada test drive. Sudah bisa sampai Lampung bahkan Jambi, Pekanbaru, sudah banyak tersedia SPKLU," kata  Doddy  di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Dukung kegiatan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, PLN NTT sediakan 100 SPKLU

Doddy mengatakan SPKLU di DKI Jakarta sendiri sampai hari ini sudah tersebar di 30 lokasi untuk cas (charger) kendaraan listrik dengan konektor (nozel) mencapai 42. Untuk di Indonesia sendiri, jumlahnya hampir mencapai 600 titik.

SPKLU ini tak hanya terdapat di kantor saja. Tapi juga terdapat di tempat peristirahatan (rest area) seperti di  KM 10,6 Tol Jagorawi, Jakarta Timur yang menyediakan satu lokasi cas.

PLN UID Jakarta Raya juga bekerja sama, salah satunya dengan perusahaan penyedia transportasi umum di Jakarta, seperti PT TransJakarta (Perseroda) dan Perum Damri, untuk pemasangan sebelas stasiun pengisian kendaraan listrik khusus armada-armada bus listrik yang menjadi sarana transportasi umum.

Baca juga: Jasamarga siapkan empat SPKLU di tol Semarang-Batang untuk fasilitasi pemudik

PLN juga membuka peluang kerja sama kemitraan penyediaan SPKLU dengan skema Investor Owned Investor Operate (IO2).

tidak akan kesulitan mencari tempat pengisi daya

Pewarta: Abdu Faisal

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023