Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Sakti Wahyu Trenggono mengungkapkan tambak budi daya udang berbasis kawasan (BUBK) Kebumen, Jawa Tengah memberdayakan dan menyerap tenaga kerja sekitar sehingga memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat.
 
"Syaratnya adalah yang bekerja di sini treatmentnya sebagai pegawai dan itu 100 persen harus dari sekeliling masyarakat ini dan saya minta Pak TB untuk ikut dididik, dilatih sedemikian rupa, untuk kemudian dia bisa mendapat manfaat dari ekonomi yang kita bentuk ini," ujar Trenggono saat ditemui di kawasan tambak BUBK Kebumen, Jumat.
 
Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perikanan Budi Daya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) TB Haeru Rahayu mengatakan terdapat 152 orang di tambak modern yang merupakan warga sekitar ditambah 12 orang merupakan karyawan KKP atau total 164 pekerja.

Baca juga: Dinas Perikanan Sukabumi kembangkan budidaya pembesaran udang vaname di Tegalbuleud
 
"Yang 12 ini dari tempat kita karena kan spesifik untuk tugasnya. Karena masih dikelola dengan unit pengelola teknis (UPT) kita, tapi itu yang 152 dari tiga desa Tegalwetno, Jokosimo, dan Karang Gadung, dua kecamatan," ujar Tebe.
 
Pekerja turut diberikan fasilitas, seperti BPJS Ketenagakerjaan, sementara untuk BPJS Kesehatan pihaknya tengah berkoordinasi dengan kepala dinas setempat terkait fasilitas tersebut.
 

Pewarta: Sinta Ambarwati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023