Kepala Diskominfo dan Persandian Kabupaten Sukabumi Eka Nandang Nugraha mengapresiasi pembentukan Unit Saber Hoaks Kabupaten Sukabumi.

"Pembentukan unit ini penting untuk menyaring dan menangkal berbagai informasi hoaks, khususnya yang tersebar di media sosial," kata Eka di Sukabumi, Senin.

Unit Saber Hoaks Kabupaten Sukabumi merupakan bagian dari Jabar Saber Hoaks yang dibentuk di tingkat Provinsi Jawa Barat dan direplikasi di 27 kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat, termasuk Kabupaten Sukabumi.

Menurut dia, keberadaan berita dan informasi hoaks bisa memicu keresahan bahkan pergolakan di masyarakat yang berdampak kerugian.

Dengan adanya Unit Saber Hoaks tersebut diharapkan mampu meluruskan berita bohong yang merugikan banyak pihak.

Fungsi dari unit ini untuk memverifikasi berita yang belum jelas kebenarannya, kemudian verifikasi informasi dilakukan melalui proses konfirmasi dan kompilasi serta pengolahan data-data dari sumber yang memiliki kredibilitas sesuai bidang dan keahliannya.

Maka dari itu, kata Eka, dengan pembentukan Unit Saber Hoaks Kabupaten Sukabumi diharapkan dapat menangkal berita dan informasi negatif melalui berita bohong/hoaks, kemudian bisa menguatkan kecerdasan literasi digital.

Sementara itu, Wakil Ketua Jabar Saber Hoaks Depi Agung Setiawan menambahkan dibentuknya unit saber hoaks di untuk mengembangkan kolaborasi antara Pemprov Jawa Barat dengan Pemkot dan Pemkab di Jabar khususnya Pemkab Sukabumi.

Unit saber ini berperan untuk mempercepat sosialisasi literasi digital bagi masyarakat daerah dalam upaya menangkal hoaks. Selanjutnya memantau perkembangan opini, aspirasi, isu publik yang ada di daerah serta memverifikasi informasi dan berita media sosial. 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023