Polres Kabupaten Karawang menangkap 17 pelaku dalam pengungkapan tiga kasus kejahatan sepanjang Februari selama dalam Operasi Jaran Lodaya 2023.

Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono di Karawang, Jumat, menyebutkan, selama Februari 2023 jajaran Satreskrim Polres Karawang telah berhasil memburu pelaku dalam kasus pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberatan dan pencurian kendaraan bermotor.

”Dari tiga kasus itu, kami menangkap 17 pelaku,” katanya.

Ia menyampaikan, dari 17 pelaku yang ditangkap itu, 13 orang di antaranya terlibat dalam kasus pencurian kendaraan bermotor, dua pelaku pencurian dengan pemberatan, dan dua pelaku pencurian dengan kekerasan. 

Disebutkan, modus operandi para pelaku pencuri kendaraan bermotor ialah dengan menggunakan kunci palsu/leter T, sedangkan dalam kasus pencurian dengan pemberatan, dengan cara mencongkel jendela rumah. 

Sementara kasus pencurian dengan kekerasan yang diungkap ialah dengan melakukan pecah kaca dan jendela mobil.

Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap para pelaku, kata dia, dapat diketahui kalau mereka melakukan aksinya di 32 lokasi di wilayah Karawang.

Untuk kasus pencurian kendaraan bermotor, umumnya para pelaku melakukan aksinya pada malam dan dinihari. Selain itu, ada juga peristiwa pencurian kendaraan bermotor saat pemiliknya memarkirkan kendaraan di pinggir jalan.

Sementara dalam kasus pencurian dengan pemberatan, pelaku melakukan aksi pada malam hingga dini hari. Sedangkan pelaku pencurian dengan kekerasan biasa melakukan aksi pada siang hari.

Dari penangkapan para pelaku itu, polisi menyita 10 sepeda motor, lima buah kunci kontak, tujuh buah mata kunci, 23 buah Kunci T, enam handphone dan pecahan busi.

Kapolres mengimbau warga Karawang berhati-hati dan bisa lebih waspada terhadap potensi terjadinya gangguan kamtibmas, baik kasus pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberatan maupun pencurian kendaraan bermotor.

Baca juga: Polisi Karawang tangkap empat remaja karena bawa celurit

Baca juga: Polres Karawang tangkap dua pengedar ganja salah satunya perempuan

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023