Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mempersiapkan pembangunan dua gedung Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di wilayah Kecamatan Citeureup dan Kecamatan Cibinong tahun depan menggunakan anggaran daerah.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin di Bogor, Kamis, menerangkan bahwa pembangunan dua sekolah tersebut telah masuk dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

"Tahun 2024 pembangunannya, baik ruang kelas baru, lapangan upacara, akses jalan, pagar, dan toilet, agar sekali bangun selesai lengkap dengan prasarananya," katanya.

Menurut Burhanudin, tahun ini tahapannya yaitu menentukan lahan, pengadaan lahan, hingga pembuatan Detail Engineering Design (DED).

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Juanda Dimansyah menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Bogor menyiapkan anggaran Rp35 miliar untuk lahan calon bangunan SMP Negeri 5 Cibinong dan calon bangunan SMP Negeri 4 Citeureup.

"Tahun ini bukan cuma satu lahan yang kami beli tetapi tepatnya dua lahan yang satu lahan sekitar Rp17 miliar," kata Juanda.

Ia menganggap, anggaran Rp17 miliar untuk satu bidang lahan terbilang murah, mengingat harga lahan yang terus meningkat di wilayah tersebut dengan kisaran Rp2-3 juta per meter.

“Tidak terlalu besar, karena kita menyiapkan anggaran ini sudah dikaji terlebih dahulu. Sekarang itu kan harga lahan per meter Rp2-3 juta, sedangkan lahan untuk SMP Negeri itu sekitar 7.000 meter luasnya,” katanya.

Baca juga: Kepala sekolah di Bogor ditekankan lakukan inovasi optimalkan Kurikulum Merdeka

Baca juga: Komunitas Sekolah Vokasi di Bogor gelar "Expo Pendidikan"

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023