Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto berharap kalender kegiatan atau Calender of Event (CoE) dari daerahnya dapat hadir di luar daerah sebagai salah satu cara promosi pariwisata yang ada di "kota hujan" itu.

Bima Arya saat dikonfirmasi dari Kota Bogor, Senin, mengatakan dengan bertambah dari semula 37 menjadi 41 kegiatan pada tahun 2023 dapat menjadi peluang memperluas jangkauan promosi dan kunjungan wisatawan ke Kota Bogor.

"Saya telah sampaikan sebelumnya, ada tiga hal yang sangat menentukan suksesnya pariwisata. Atraksi, atraksi bisa culture, nature, handmade. Kultur kita banyak, tinggal dipoles, alam kita ada Kebun Raya, tapi handmade inilah yang membutuhkan kreativitas kita," kata dia.

Baca juga: Pesta Rakyat CGM Kota Bogor masuk kalender tahunan Kemenparekraf

Menurut Bima, 41 kegiatan dalam CoE tahun ini dapat dilaksanakan di berbagai Kota di Indonesia, dengan kemasan promosi yang lebih keren dengan dukungan foto-foto, video dan tampilan yang atraktif untuk menarik minat berkunjung ke Kota Bogor.

Secara keseluruhan 41 kegiatan yang masuk dalam CoE Kota Bogor tahun 2023 ini dibagi ke dalam tiga kategori, yakni Carnaval, sport tourism dan Festival.

Di dalam kota, Pemerintah Kota Bogor perlu memperhatikan fasilitas pendukung, di antaranya kantong parkir, tempat ibadah, kuliner dan sebagainya, sebab untuk mengembangkan wisata, harus juga memastikan aksebilitas lokasi acara bisa dijangkau dengan transportasi umum dan dekat dari sarana transportasi.

Baca juga: Pemkot Bogor luncurkan 'calender of event' 2022 untuk bangkitkan ekonomi

Pemerintah Kota Bogor, telah meluncurkan CoE Kota Bogor tahun 2023 oleh Wali Kota Bogor, Bima Arya, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah dan Kepala Disparbud Kota Bogor, Iceu Pujiati di IPB International Convention Center (IICC), Mal Botani Square, Jalan Pajajaran, Kota Bogor, Jumat (17/2).

Bima menyampaikan, dengan penyelenggaraan CoE tahun 2023, bisa menyerap tenaga kerja atau SDM dari dalam Kota Bogor.

"Semoga ke depan siapapun walikotanya Kota Bogor bertambah meriah, untuk kemaslahatan Kota Bogor, untuk kebanggaan kita semua," katanya.

Baca juga: Forkopimda siap kawal kegiatan Jabar Run 10K di Kota Bogor dengan 2.000 peserta

Kepala Disparbud Kota Bogor, Iceu Pujiati menambahkan CoE 2023 Kota Bogor merupakan perkumpulan kegiatan yang memiliki tujuan, di antaranya meningkatkan kunjungan pariwisata, kunjungan ke kota Bogor, dan meningkatkan perekonomian kota Bogor.

"Tentunya kalender ini juga dilakukan kurasi sehingga betul-betul kegiatan festival yang masuk di dalamnya betul mempunyai daya ungkit yang besar bagi tamu, atau wisatawan yang berkunjung ke kota Bogor," kata Iceu.

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023