Komunitas Sekolah Vokasi Cileungsi, Kabupaten Bogor, Bogor, sukses menggelar Expo Pendidikan ke-2 bertajuk Siswa kreatif dan Berkarakter di Metropolitan Mall Cibubur.

Dirjen Vokasi pada Kemendikbudristek, Kiki Yuliati dalam keterangannya di Bogor, Senin, menilai kegiatan tersebut sangatlah bermanfaat. Sebab, dalam membangun pendidikan diperlukan kolaborasi antar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Dilaksanakan pada 17 hingga 18 Februari 2023, kegiatan tersebut dilakukan untuk menyandingkan antar sekolah. Seperti SMKN 1 Cileungsi, SMK Fajar Sentosa, SMK YAPA Cileungsi, SMK Metland School, SMK Muhammadiyah 1, 2, 3 dan 4, SMK Al-Farabi, SMK Widya Kusuma, SMK Farmasi Bhakti Kencana, SMK Fatahillah dan dua sekolah tinggi yaitu STTM Muhammadiyah Cileungsi dan STIT Fatahillah Cileungsi.

"Harus berkolaborasi, bukan untuk bersaing tapi mempunyai daya sanding, sehingga SMK harus bisa memantaskan diri bermitra dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI)," ungkapnya, Selasa (21/2/2023).

Pada kesempatan tersebut, Kiki Yuliati 
berkesempatan mengunjungi stand pameran hasil karya produk kreatif siswa siswi SMK anggota Komunitas Sekolah Vokasi Cileungsi yang menampilkan berbagai produk teknologi, kesehatan, kuliner, dan lain-lain. 

Dalam kesempatan itu pula, kegiatan berjalan meriah dengan tampilnya berbagai kreasi seni siswa-siswi SMK peserta expo yang disambut antusias oleh pengunjung mall ditandai penuhnya pengunjung yang menyaksikan kreasi tersebut. 

Ketua Komunitas Sekolah Vokasi Cileungsi, Iskandar mengatakan, kegiatan tersebut bisa terlaksana tak lepas dari dukungan Camat Cileungsi, Adi Nugraha yang menyadari potensi di wilayah Cileungsi.

"Kegiatan Expo Pendidikan siswa kreatif dan berkarakter ini dilaksanakan selama dua hari dan penutupan kegiatan dilakukan oleh Pengawas Pembina Komunitas Sekolah Vokasi Cileungsi," paparnya.

Di lokasi yang sama, Pengawas Pembina Komunitas Sekolah Vokasi Cileungsi, Dina Martha Tiraswati mengapresiasi pelaksanaan acara tersebut. 

"Acara ini dinilai sangat sukses dan memberikan manfaat bagi masyarakat, serta saya juga berharap kegiatan terus terlaksana di tahun selanjutnya," harapnya.

Mengusung jargon SMK Bisa, SMK Hebat, Cileungsi Juara kahiji, kegiatan ini juga dihadiri oleh Anabuki Collage, PT. Byru, Bank BJB Cabang Cileungsi, Bank BCA, PT Grafindo Media Pratama, penerbit Erlangga dan Latulip sebagai sponsor. 

Selain itu, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh para Pengawas SMK, SMK binaan, perwakilan DUDI Metropolitan Mall Cibubur.

Pewarta: ANTARA

Editor : M Fikri Setiawan


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023