Kepala Kepolisian Resor Sukabumi Kota Ajun Komisaris Besar Polisi S.Y. Zainal Abidin mengimbau warga dan kader posyandu untuk meningkatkan pengawasan terhadap aktivitas anak di luar rumah agar tidak menjadi korban kejahatan.

"Peran kader posyandu dan warga sangat penting untuk menjaga tumbuh kembang anak-anak, serta mencegah anak menjadi korban kejahatan maupun mengantisipasi terjerumusnya anak pada kegiatan yang negatif," kata Kapolres saat menyelenggarakan kegiatan Jumat Curhat di Puskesmas Flamboyan, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi.

Menurut Zainal, untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, pihaknya gencar melaksanakan kegiatan preemtif dan preventif, seperti membentuk Tim Patroli Presisi yang bertugas mengantisipasi potensi terjadinya gangguan kamtibmas.

Baca juga: Hujan deras sebabkan bangunan posyandu di Sukabumi ambruk, 10 wanita terluka
Baca juga: Dinkes Sukabumi Berikan Obat Anticacing Secara Masal

Namun demikian, peran serta dari masyarakat khususnya kader posyandu sangat penting untuk membantu Polres Sukabumi Kota dalam menciptakan situasi kondusif di daerah.

Selain itu, dalam beberapa pekan terakhir, tidak hanya warga Kota Sukabumi yang sempat dibuat cemas dengan adanya isu penculikan anak di bawah umur. Untuk itu, Kapolres meminta masyarakat agar bijak setiap menerima informasi, apalagi dari media sosial.

"Melalui kegiatan Jumat Curhat ini kami bisa mendengarkan pengaduan dan pertanyaan langsung dari masyarakat mengenai upaya Polres Sukabumi Kota dalam menjaga kondusivitas kamtibmas. Masukan dari warga dan kader posyandu tentunya akan kami tindak lanjuti," tambahnya.

Baca juga: Pemkab Sukabumi Serahkan Rp705,3 Juta Untuk Posyandu

Zainal mengatakan Polres Sukabumi Kota akan terus meningkatkan kualitas kegiatan kepolisian dengan berpatroli pada jam-jam rawan, baik dari patroli polres maupun polsek

Keberadaan Tim Patroli Presisi Polres Sukabumi Kota yang baru efektif sekitar tiga pekan ternyata sudah berhasil menggagalkan peredaran minuman keras yang diangkut dalam mobil boks serta berhasil menangkap sejumlah anak remaja yang membawa senjata tajam.

Kapolres pun mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga situasi kondusif kamtibmas, salah satunya dengan memberikan informasi kamtibmas melalui program Bebeja Ka Polres.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023