Purwakarta (Antara Megapolitan) - Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi merazia pelajar yang menggunakan sepeda motor menyusul dikeluarkannya surat edaran tentang larangan penggunaan sepeda motor bagi pelajar atau anak di bawah umur.

Dalam razia yang digelar pada Senin, Dedi mendatangi Sekolah Menengah Kejuruan yang ada di Purwakarta. Tapi tidak ditemukan siswa atau pelajar yang menggunakan sepeda motor.

"Kalau di sekolah, tidak ada parkir motor milik siswa. Mereka (para siswa) menyimpan sepeda motornya di halaman rumah warga yang berada di lingkungan sekolah," katanya.

Ia menekankan agar pihak sekolah benar-benar melaksanakan kebijakan Pemkab Purwakarta tentang larangan penggunaan sepeda motor bagi pelajar atau anak di bawah umur.

Kebijakan yang dikeluarkan melalui peraturan bupati itu sendiri telah dikeluarkan sekitar tahun lalu. Kini Dedi menguatkan kebijakan itu dengan mengeluarkan surat edaran.

Hal tersebut dilakukan karena telah terjadi kasus kecelakaan lalu lintas yang melibatkan Fitra Gema Ramadhan, pelajar salah satu SMKN Purwakarta di ruas jalan Purwakarta-Bandung, Sukatani Purwakarta.

Dalam kecelakaan yang terjadi pada Jumat (29/7), seorang pelajar kelas 1 Sekolah Dasar bernama Vivilia Apidah meninggal dunia setelah tertabrak sepeda motor Yamaha R15 yang dikendarai oleh Fitra.

Ia mengatakan, seiring dengan larangan penggunaan motor bagi pelajar atau anak di bawah umur, maka bupati memberi sanksi pemecatan terhadap Fitra yang menggunakan motor tapi menabrak seorang pelajar SD.

"Kami ingin ada efek jera dari pemberlakuan kebijakan larangan pelajar atau anak di bawah umur," kata dia.

Meski akan memecat Fitra, seorang pelajar yang menabrak pelajar sekolah dasar saat mengendarai motor, tapi bupati mengaku akan memperhatikan kelanjutan pendidikan Fitra.

"Saya tidak akan membiarkan anak itu tidak punya masa depan. Tapi harus ada terapi dari kebijakan pemerintah daerah. Kalau Fitra itu anak baik (di sekolah). Biarkan itu jadi contoh untuk pelajar yang lain," katanya.

Bupati menyatakan akan mencari solusi kelanjutan siswa yang dipecat akibat tetap menggunakan sepeda motor dan akhirnya menabrak seorang pelajar SD.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016