Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bekasi bersama KPU Provinsi Jawa Barat melakukan pemantauan petugas panitia pemutakhiran data pemilih (pantarlih) yang melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih untuk Pemilu 2024.

"Jadi kita baru saja memantau pelaksanaan coklit, terkait dengan tahapan pantarlih untuk pemilih pemilu 2024 di kediaman Bapak Haji Daeng Muhammad, Anggota DPR RI Dapil 7," kata Ketua KPU Kabupaten Bekasi Jajang Wahyudin di Cikarang, Rabu.

Dia mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari kesertaan yang telah diatur dalam tahapan coklit hingga berakhir 14 Maret 2023, dan ia berharap agar masyarakat menerima kedatangan petugas pantarlih untuk kepentingan pendataan pemilih pada Pemilu 2024.

Baca juga: KPUD Bekasi umumkan perubahan daerah pemilihan Pemilu 2024

"Semoga masyarakat yang didatangi oleh petugas pantarlih bisa menerima untuk didata sebagai pemilih nanti pada pemilu 2024. Cukup siapkan kartu keluarga dan KTP elektronik," katanya.

Jajang mengatakan wilayah perumahan menjadi kendala khusus dengan tingkat kesulitan tersendiri mengingat adanya pembatasan penerimaan tamu asing, sehingga ia minta petugas bersabar saat menjalankan tugas.

"Biasanya terhadap tamu asing tidak langsung ada penerimaan, sehingga perlu ada kesabaran. Temui saja meskipun harus berkali-kali dan jika sudah, tempelkan stiker," katanya.

Ia menjelaskan pantarlih yang resmi dari KPU dibekali kelengkapan alat kerja berupa berkas formulir A dan membawa stiker yang berlogo KPU untuk ditempelkan di rumah warga yang telah didatangi petugas.

Baca juga: KPU Bekasi rekrut calon anggota Pantarlih Pemilu 2024

"Stiker tempel itu sebagai bukti telah dilakukan pencocokan dan penelitian. Petugas kami juga mengenakan rompi, topi, serta tanda pengenal saat bertugas," katanya.

Kepala Bagian Perencanaan Data dan Informasi pada KPU Jawa Barat Cecep Nurjamah mengatakan proses pemutakhiran data pemilih oleh petugas pantarlih di Kabupaten Bekasi berlangsung lancar sesuai ketetapan penyelenggara Pemilu 2024.

"Yang saya amati tadi, proses pencocokan dan penelitian sudah sesuai prosedur, berlangsung tanpa kendala," katanya.

Baca juga: Pemkab Bekasi minta KPU mitigasi teknis pemilu cegah korban

Daeng Muhammad yang rumahnya telah dilakikan coklit menyarankan agar petugas pantarlih terlebih dahulu berkoordinasi dengan aparatur RT/RW setempat untuk mencegah kesulitan saat bertemu pemilih.

"Tentu harus berkoordinasi ke RT/RW ya, supaya bisa menjalankan tugas dengan lancar dan sukses," ujarnya.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023