Bogor (Antara Megapolitan) - Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat mengingatkan para anggota Pramuka Kwartir Cabang Kota Bogor untuk meningkatkan semangat juang, berkarya dan berperan aktif dalam pembangunan.

"Pramuka diharapkan dapat berkontribusi aktif dalam pembangunan, salah satunya menyebarluaskan semangat positif di masyarakat untuk peduli lingkungan," kata Ade yang juga Ketua Kwartir Cabang Kota Bogor, Kamis.

Menurut dia, langkah positif masyarakat peduli lingkungan salah satunya mengajak masyarakat menjaga kebersihan sanitasi dan tidak membuang sampah sembarangan, agar semua kegiatan kehidupan berjalan dengan baik.

Guna mengasah keterampilan Pramuka dalam mengisi pembangunan Kwartir Cabang Kota Bogor menggelar kegiatan agenda lima tahunan yakni Raimuna Cabang V 2016. Yakni ajang silaturrahmi besar-besaran untuk golongan Pramuka Penegak dan Pandega.

Ade mengatakan, Raimuna hanya bisa diikuti satu kali seumur hidup oleh anggota penegak dan pandega pramuka. Raimuna berasal dari bahasa Papua yang berarti pertemuan terbesar bagi anggota pramuka.

"Dari Raimuna, anggota Pramuka dapat meningkatkan semangat juang, berkarya dan melangkah ke depan untuk berperan aktif dalam pembangunan Kota Bogor," katanya.

Ia mengatakan, peran pramuka dalam pembangunan menjadi materi kegiatan dasar pramuka yang mencakup edukasi, krativitas, inovasi, tanggungjawab sekaligus membentuk kebersamaan.

Raimuna Cabang V Kota Bogor diikuti 530 peserta pramuka yang berasal dari kontingen Kwartil Ranting enam kecamatan se Kota Bogor. Kegiatan tersebut secara resmi dibuka Rabu (27/7) kemarin dan berakhir 31 Juli mendatang.

Ketua Panitia Raimuna Chairul Anam mengatakan, Raimuna merupakan program prioritas Kwarcab Kota Bogor yang diselenggarakan satu kali dalam masa bakti Kwartil. Raimuna diisi dengan kegiatan unggulan seperti giat Kesakaan, keterampilan, siaga bencana, wawasan, wisata, prestasi dan giat Bindamping.

"Tujuannya tidak sekedar menjalin silaturrahmi tetapi juga meningkatkan kemampuan serta keterampilan anggota pramuka penegak dan pandega," katanya.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016