Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan RI menambah peluang warga negara Indonesia untuk meraih beasiswa, dari sebanyak 5.664 orang peraih beasiswa LPDP tahun 2022, menjadi 7.000 orang peraih beasiswa LPDP untuk tahun 2023.

Direktur Utama LPDP Kementerian Keuangan Andin Hadiyanto dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi XI DPR di Gedung DPR yang dipantau secara virtual di Jakarta, Rabu, menyatakan jumlah penerima meningkat untuk memberi peluang lebih banyak kepada masyarakat.

“Saran Dewan Penyantun LPDP, nanti ada sekitar 1.000 orang per tahun untuk dokter spesialis dan subspesialis dan fellowship untuk menambah jumlah dokter spesialis di Indonesia,” kata Andin.

Untuk program umum beasiswa LPDP, pemerintah menyediakan beasiswa reguler, beasiswa perguruan tinggi utama dunia, dan beasiswa parsial. Sementara dalam program targeted mencakup beasiswa untuk PNS, TNI, dan Polri, kewirausahaan, pendidikan kader ulama, dan dokter spesialis dan sub spesialis. Kemudian untuk program afirmasi terdiri atas beasiswa penyandang disabilitas, putra-putri Papua, daerah afirmasi, dan beasiswa prasejahtera.

“Program afirmasi kami akan teruskan, daerah afirmasi maupun untuk putra-putri Papua. Ini selalu kami tambah dan kami perluas, termasuk sosialisasinya," kata Andin menjelaskan.

Ia menyebutkan Direktur Beasiswa LPDP Dwi Larso telah berkeliling ke berbagai daerah timur Indonesia maupun barat Indonesia, untuk sosialisasi beasiswa program afirmasi tersebut.

Jadwal seleksi dibagi menjadi tahap pertama dan tahap kedua. Berikut jadwal seleksi tahap I bagi pendaftar calon penerima beasiswa LPDP tahun ini. Diawali dengan pendaftaran calon sejak 25 Januari hingga 25 Februari 2023. Kemudian, proses seleksi dari tanggal 27 Februari hingga 31 Mei 2023. Pengumuman hasil seleksi pada 8 Juni 2023, supaya bisa mulai sekolah pada Juli atau Agustus 2023.

Sementara itu jadwal sekelsi tahap II bagi pendaftar calon penerima LPDP akan dibuka pendaftaran pada tanggal 9 Juni hingga 9 Juli 2023, kemudian dilanjutkan dengan proses seleksi dari tanggal  10 Juli hingga 27 Oktober 2023, dan pengumuman hasil seleksi 7 November 2023 agar bisa segera kuliah pada Januari 2024.


Baca juga: Pemkab Karawang salurkan beasiswa kepada 12.545 pelajar dan mahasiswa dari APBD

Baca juga: Pemkab Bogor tetapkan 107 mahasiswa calon penerima Beasiswa Pancakarsa

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023