Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, memperbaiki jalan ambles di ruas Cikarang Bekasi Laut (CBL), Desa Muktiwari, Kecamatan Cibitung, akibat kontur jalan yang tidak stabil ditambah berada tepat di tepi sungai.

"Begitu mendapatkan laporan masyarakat terkait jalan ambles di CBL, kami langsung menuju lokasi untuk melakukan perbaikan," kata Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi Kabupaten Bekasi Henri Lincoln di Cikarang, Rabu.

Dia menjelaskan peristiwa jalan CBL yang ambles sepanjang 25 meter itu terjadi sejak pekan lalu hingga memakan hampir separuh badan jalan sehingga menghambat aktivitas masyarakat.
Pemasangan kawat bronjong di bantaran Sungai CBL pada hari ketiga perbaikan jalan amblas di Ruas Jalan CBL, Desa Muktiwari, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).
Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi menerjunkan sejumlah alat berat untuk memperbaiki ruas jalan termasuk pemasangan bronjong kawat berisi material bebatuan untuk memperkokoh pondasi tanggul yang berbatasan langsung dengan aliran sungai.

"Selain perbaikan jalan ambles, pemerintah daerah juga akan melaksanakan pekerjaan perbaikan di sepanjang ruas jalan CBL secara bertahap pada tahun ini," katanya.

Camat Cibitung Encun Sunarto mengaku ruas jalan ini rawan ambles meski sudah dilakukan pemasangan patok beton atau turap di tepi jalan yang berbatasan dengan sungai.

"Memang konturnya tidak stabil jadi saat ambles akhirnya turap ikut bergeser. Alhamdulillah Dinas terkait merespons cepat dengan langsung melakukan perbaikan," katanya.

Dia mengatakan longsor jalan di ruas ini kerap dikeluhkan masyarakat mengingat jalan tersebut merupakan akses utama aktivitas warga. Perbaikan ini diharapkan menjadi solusi mengatasi keluhan masyarakat.

Encun mengimbau pengguna jalan agar berhati-hati dalam berkendara selama proses perbaikan. "Untuk sementara bergantian saat melintasi jalan amblas yang sedang diperbaiki. Semoga bisa cepat rampung dan seluruh badan jalan bisa dilewati kembali," katanya.

Baca juga: Dedi Mulyadi bersama Kades di Purwakarta pelopori perbaikan jalan rusak

Baca juga: Pemkab Bekasi gelontorkan anggaran Rp6,7 miliar perbaiki Jalan Tegal Danas

Baca juga: Pemkab Bekasi perbaiki jalan akses kantor pemda yang rusak di lima titik

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023