Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung mengingatkan, Light Rail Transit (LRT) yang menghubungkan beberapa kota meliputi Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek) harus bisa terkoneksi dengan berbagai moda transportasi yang ada di sekitar wilayah tersebut.

Menurut dia, LRT nanti melintasi wilayah Jakarta hingga Depok dan Bekasi di mana fasilitas transportasi yang dimiliki berbeda-beda di tiap kota seperti angkot, Trans Jakarta, dan transportasi lainnya.

"Satu catatan saya, jangan lupa ke depan LRT ini harus bisa terkoneksi dengan berbagai moda transportasi yang ada di kota lainnya seperti angkot, Trans Jakarta dan lainnya. Ini tantangan tersendiri ke depan agar LRT kita sama dengan LRT di luar negeri di mana penumpang tidak perlu repot-repot membeli karcis yang berbeda-beda," ujar Martin di Jakarta, Senin.

Martin juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas sambutan dari segenap mitra kerja BUMN yaitu PT ADHI Karya (Persero), PT Industri Kereta Api atau PT INKA (Persero) dan PT KAI (Persero) saat Komisi VI DPR RI meninjau LRT Jabodebek itu.

LRT Jabodebek  diperkirakan siap beroperasi pada pertengahan tahun sekitar Juli 2023.

Baca juga: Presiden Jokowi jajal naiki kereta LRT dari Stasiun Harjamukti ke Stasiun TMII

Baca juga: KAI siapkan dua layanan kereta api dukung konektivitas KCJB

 

Pewarta: Aji Cakti

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023