Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mendukung penuh rencana pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pendidikan dan Teknologi yang diusulkan PT Jababeka Tbk sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia di daerah itu.

"Dari sisi kami sudah memberikan rekomendasi, langkah berikutnya butuh rekomendasi dari Gubernur Jawa Barat dan tadi juga sudah dibahas seperti apa konsep, bagaimana kelengkapan, dan apa saja hal-hal yang perlu ditekankan," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Jababeka Cikarang, Jumat.

Dia mengatakan keberadaan kawasan ekonomi khusus pendidikan dan teknologi menjadi strategi mempercepat pencapaian pembangunan ekonomi nasional sekaligus optimalisasi penyerapan tenaga kerja dan investasi baru di Kabupaten Bekasi.

Baca juga: Pemkot Bekasi serahkan Gedung Creative Center kepada KEK

"Kawasan ekonomi khusus ini menjadi sebuah strategi Pemerintah Kabupaten Bekasi untuk mempertahankan serta menghadirkan investasi baru," katanya.

Menurut dia KEK pendidikan dan teknologi perlu dikembangkan agar memiliki daya saing sekaligus menjadi pusat pertumbuhan baru di Kabupaten Bekasi terlebih kawasan industri di Kabupaten Bekasi sudah sangat berkembang.

"Biasanya KEK itu kan sektornya industri, pariwisata, nah untuk Kabupaten Bekasi ini khusus pendidikan karena industri sudah berkembang," ucapnya.

Dani berharap melalui konsep KEK, perkembangan teknologi di wilayah Kabupaten Bekasi semakin berkembang, tidak hanya sekedar aktivitas pabrik namun juga memiliki riset dan pencetakan sumber daya manusia.

Baca juga: Doktor FIA UI: Perlu kajian untuk tingkatkan daya saing KEK

Vice President Business Development PT Jababeka Tbk Onky Martha mengatakan usulan KEK tentang pendidikan dan teknologi dilatarbelakangi isu disrupsi kawasan transformasi industri yang membutuhkan sumber daya manusia berkualitas khususnya bagi masyarakat Kabupaten Bekasi.

Dia menjelaskan kebutuhan akan sumber daya manusia berkualitas semakin tinggi di Kabupaten Bekasi mengingat wilayah ini memiliki nilai lebih berkat adanya kawasan industri padat teknologi.

"Selain dengan Pemkab Bekasi, kita juga akan berkolaborasi dengan Pemprov Jabar untuk mewujudkan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus Pendidikan dan Teknologi ini," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023