Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mempelajari program kerja menyangkut teknis penyelenggaraan koperasi di Kota Medan, Sumatera Utara yang dikenal berhasil menerapkan prinsip manajemen koperasi dalam menggerakkan roda perekonomian.

"Kemarin saya kunjungan kerja ke Kota Medan untuk belajar tentang penerapan koperasi di sana," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Cikarang, Kamis.

Dia mengatakan kunjungan ke Kota Medan tersebut sekaligus dalam rangka persiapan Kabupaten Bekasi selaku tuan rumah penyelenggaraan Hari Koperasi Nasional tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2023.

Baca juga: Pemkab Bekasi ajak generasi muda aktif gerakkan koperasi

"Kami juga berdiskusi mengenai sejumlah program kerja di wilayah masing-masing. Kota Medan pernah sukses menjadi tuan rumah Hari Koperasi tingkat Nasional dan kita ingin belajar, seperti apa kiat-kiat yang dilakukan," katanya.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan saat kunjungan kerja ke Kantor Pemerintah Kota Medan, diterima langsung Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution di Ruang Rapat Kantor Wali Kota Medan, Sumatera Utara, Rabu (25/1/2023). (ANTARA/HO-Protokol pimpinan Pemkab Bekasi).

Dani mengaku tertarik dengan sejumlah program kerja Pemerintah Kota Medan yang berbasis koperasi. Salah satunya, layanan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) yang berpotensi diaplikasikan pula di Kabupaten Bekasi.

"KKPD ini sepertinya bisa kita terapkan untuk mendukung layanan pada website Bebeli (Bekasi Berani Beli), karena ini kan juga situs belanja daring," ucapnya.

Baca juga: Pemkab Bekasi dorong perusahaan punya koperasi berbasis karyawan

Dani pun menilai kekuatan koperasi yang ada di Kota Medan sudah cukup maksimal untuk bisa diterapkan di Kabupaten Bekasi, terlebih pada jenis koperasi-koperasi karyawan.

"Kita juga melakukan studi tiru ke Koperasi Jasa KIM dan banyak sekali yang bisa kita pelajari di sana," katanya.

Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution menyambut baik kedatangan Penjabat Bupati Bekasi bersama rombongan. Dia pun mengaku telah menyusun sejumlah regulasi untuk membantu pelaku usaha kecil.

Baca juga: Pemkab Bekasi bentuk satgas khusus untuk pilah koperasi sehat

"UMKM di Kota Medan memang masuk ke dalam salah satu dari beberapa program prioritas kami. Mudah-mudahan banyak hal positif yang bisa diambil dari Kota Medan," kata Bobby sebagaimana dirilis Prokopim Pemkab Bekasi.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023