Karawang (Antara Megapolitan) - Penjualan seragam serta perlengkapan sekolah di sekitar Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengalami peningkatan signifikan menjelang tahun ajaran baru.

"Peningkatan pembeli cukup signifikan, diperkirakan lebih dari 50 persen," kata Nana, seorang penjaga toko seragam sekolah di wilayah perkotaan Karawang, Sabtu.

Ia mengatakan, peningkatan pembeli seragam dan perlengkapan sekolah tersebut sudah terjadi sejak beberapa hari terakhir. Tetapi semakin dekat masuk sekolah di tahun ajaran baru, peningkatan pembeli semakin signifikan.

Untuk seragam sekolah, biasanya dijual antara harga Rp50 ribu - Rp100 ribu per jenis seragam. Begitu juga dengan tas sekolah anak, harganya mencapai Rp60 ribu - Rp150 ribu per buah.

Penjaga toko seragam sekolah di wilayah Cikampek, Yanti mengatakan peningkatan penjualan seragam sekolah itu bisa dilihat dari tingkat penjualan seragam sekolah di tokonya.

Ia menyatakan, transaksi penjualan pakaian seragam sekolah di toko-nya bisa mencapai Rp10 juta per hari saat menjelang masuk sekolah di tahun ajaran baru.

Menjelang tahun ajaran baru seperti saat ini, mayoritas konsumen membeli seragam Sekolah Dasar dan SMP serta SMA. Selain itu, konsumen juga banyak yang membeli alat tulis kelengkapan sekolah.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016