Doktor bidang Ilmu Administrasi, Program Pasca Sarjana Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) Dr Yana Ernawan menyatakan implementasi Internet of Things (IoT) dalam rantai pasok menjadi kunci pendorong kemajuan perusahaan industri ritel.

"Penerapan IoT dalam SCPI akan berimplikasi pada pembangunan kapabilitas rantai pasok atau Supply Chain Capability (SCC), yang selanjutnya berpengaruh terhadap peningkatan kinerja perusahaan," kata Yana Ernawan di Kampus UI Depok, Rabu.

Menurut dia, Teknologi Informasi Komunikasi (TIK), dalam hal ini IoT, merupakan faktor pendorong (enabler) peningkatan keunggulan kompetitif bisnis ritel.

Baca juga: FIA UI kembangkan pembangunan berkelanjutan di desa Balekambang Sukabumi

Implementasi IoT, lanjutnya, akan meningkatkan kinerja perusahaan ritel melalui peningkatan kapabilitas rantai pasoknya dalam memenuhi permintaan dan pengalaman pelanggan pada produk dan layanan yang lebih inovatif.

"Di era Industri 4.0, industri ritel memang telah memasuki ekosistem bisnis yang berubah dibandingkan masa-masa sebelumnya. TIK di era digital memiliki implikasi besar pada rantai nilai industri ritel karena dapat mengubah cara produk dirancang, dibuat, dan dikirim ke pelanggan," ujarnya.

Yana Ernawan menyatakan hal tersebut hasil dari disertasinya berjudul “Pengaruh Kapabilitas Internet Of Things (IoT) dalam Integrasi Proses dan Kapabilitas Rantai Pasok Terhadap Kinerja Perusahaan Ritel".

Baca juga: FIA UI berikan pendampingan Depok terkait retribusi Persetujuan Bangunan Gedung

Yana menjelaskan bahwa industri ritel berperan penting dalam perekonomian masyarakat. Tidak ada perekonomian di dunia ini yang dapat bergerak tanpa aktivitas ritel. Namun akibat pandemi COVID-19 yang mulai dilaporkan sejak akhir 2019 di China, kata dia, pertumbuhan industri ritel global melambat dan anjlok hingga minus 2,8 persen pada tahun 2020.

Menurut Yana, hal tersebut akibat dari keengganan konsumen berbelanja lebih banyak di tengah pandemi dan ketidakpastian ekonomi. Namun pada tahun 2021 dilaporkan bahwa kinerja perusahaan industri ritel global kembali mengalami peningkatan 12,1 persen, walaupun pertumbuhan tersebut diperkirakan akan melambat kembali hingga 3,4 persen pada tahun 2026.

Baca juga: FIA UI tingkatkan pemasaran buah kawista di Desa Duren Karawang

"Fenomena global tersebut berimbas ke Indonesia. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kinerja sektor grosir dan eceran menurun drastis hingga minus 8,32 poin pada 2020 dibandingkan 2019," katanya.

Berkat penelitian disertasinya, Yana Ernawan meraih gelar doktor di bidang Ilmu Administrasi. Ia merupakan lulusan ke-212 di bidang Ilmu Administrasi dan doktor ke-24 di FIA UI.

 

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023