Personel bhabinkamtibmas dan babinsa yang bertugas di wilayah Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, menggerakkan mahasiswa yang sedang melaksanakan praktik pengalaman lapangan (PPL) dengan mengajak mereka untuk memanfaatkan literasi non-digital.

"Meskipun saat ini untuk mendapatkan literasi yang dibutuhkan sudah bisa dengan mudah dicari secara digital, tetapi alangkah baiknya juga memanfaatkan literasi non-digital yang ada di perpustakaan kelurahan untuk menambah wawasan mahasiswa khususnya masyarakat," kata personel Bhabinkamtibmas Polsek Warudoyong Bripka Desti Ulhikmah di Sukabumi, Senin.

Menurut Desti, dirinya menggandeng personel Babinsa Koramil Warudoyong untuk mengajak para mahasiswa yang sedang melaksanakan PPL di Kecamatan Warudoyong untuk menggerakkan kembali literasi non-digital bertujuan agar masyarakat sekitar bisa ikut terpancing memanfaatkan  perpustakaan tingkat kelurahan.

Harus diakui semakin pesat perkembangan teknologi informasi, masyarakat akan dengan mudah mencari sumber informasi yang dibutuhkan, namun demikian jika terlalu mengandalkan dunia digital (internet) juga mempunyai dampak negatif seperti warga lupa dan malas untuk membaca buku secara manual khususnya di perpustakaan.

Ia bersama mengajak mahasiswa yang tengah melaksanakan PPL untuk bersama-sama membaca buku secara manual di perpustakaan yang ada di Kelurahan Nyomplong. 

"Langkah ini merupakan salah satu upaya kami untuk meningkatkan kembali budaya membaca buku secara manual. Karena seperti kita ketahui begitu mudahnya memperoleh informasi secara digital, terkadang menjadikan malas untuk membaca buku di perpustakaan," katanya.

Dihubungi secara terpisah, Pelaksana Harian (Plh) Kapolsek Warudoyong AKP Iman Retno mengatakan kegiatan yang dilakukan personelnya bersama anggorta babinsa merupakan upaya preemtif dalam memelihara kamtibmas.

Selain mengajak mahasiswa untuk membudayakan kembali membaca buku perpustakaan, juga dimanfaatkan untuk mendapatkan masukan dari mahasiswa dan warga terkait kondisi kamtibmas.

Pada kegiatan itu pihaknya pun bisa menyampaikan berbagai informasi mengenai situasi kamtibmas sekaligus memberikan edukasi mengenai pentingnya keterlibatan mahasiswa atau warga untuk menjaga lingkungan tetap kondusif.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023