Bogor (Antara Megapolitan) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Bogor, Jawa Barat membuka layanan informasi dan pengaduan selama 24 jam bagi pengguna kartu JKN yang melakukan mudik lebaran.

"Kami membuka layanan informasi selama 24 jam, silakan pengguna kartu JKN yang mengalami kendala dalam mengakses layanan dapat menghubungi kami," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bogor Mahat Kusumadi saat dihubungi di Bogor, Senin.

Ia mengatakan, selama mudik lebaran BPJS Kesehatan memberikan program khusus yakni menjamin seluruh peserta JKN yang sedang mudik ke kampung halaman dapat terlayani dengan prosedur yang lebih ringkas.

"Peserta BPJS Kesehatan yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke kantor cabang BPJS kesehatan domisilinya," katanya.

Prosedur pelayanan di saat mudik lebaran diawali dengan peserta harus memastikan membawa serta kartu JKN atau KIS (KIS, BPJS Kesehatan, Askes, KJS dan Jamkesmas) saat mudik lebaran. Jika saat mudik mengalami sakit, baik dalam kondisi gawat darurat atau tidak dapat langsung ke IGD rumah sakit yang ditunjuk/bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

"Pastikan kartu JKN dibawa saat mudik. Mereka yang dilayani yang menggunakan kartu JKN-KIS yang aktif, atau yang sudah membayar iuran," katanya.

Untuk mengecek aktivasi kartu JKN-KIS, lanjutnya, peserta JKN dapat mengecek pada website BPJS Kesehatan pada menu "cek iuran peserta" atau mengunduh aplikasi BPJS Kesehatan Mobil di Google Play Store.

"Pelayanan kesehatan yang diberikan pada IGD rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik iur bayar," katanya.

Program ini, lanjut Mahat, berlangsung mulai dari H-7 sampai dengan H+7 Lebaran Idul Fitri 1437 Hijriah/2016.

Ia mengatakan, apabila pengguna kartua JKN menemukan kesulitan atau kurang memahami informasi program tersebut dapat menghubungi pusat layanan informasi BPJS Kesehatan di nomor 1500400 yang siap melayani 24 jam.

"Atau bisa juga menghubungi nomor layanan BPJS Kesehatan Cabang Bogor, 08128582703, kami siap melayani informasi selama 24 jam," katanya.

***4***

T.KR-LR

(T.KR-LR/B/S025/C/S025) 04-07-2016 17:05:28

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016