Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok Jawa Barat menggandeng Universitas Pancasila dalam penanganan permasalahan sosial di daerah tersebut agar bisa diselesaikan dengan baik dan benar.

Kepala Dinsos Kota Depok Asloelah Madjri di Depok, Rabu, mengatakan kerja sama dengan akademisi ini untuk memberikan kesempatan dan pengalaman kepada mahasiswa mengimplementasikan secara langsung bidang keilmuan dari masing-masing jurusan di perguruan tinggi.

Tentunya, katanya, yang berkaitan dengan persoalan sosial yang ditangani Dinsos Kota Depok.

Dinsos menjalankan tugas di bidang sosial yang berhubungan dengan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), mulai dari perumusan kebijakan teknis bidang sosial, penyelenggaraan urusan pemerintah dan pelayanan umum di bidang sosial, pembinaan dan pengawasan di bidang sosial, penyelenggaraan kesekretariatan dinas, penyelenggaraan pembinaan, pengawasan, hingga pengelolaan unit pelaksanaan.

Baca juga: Dinsos Depok salurkan BLT BBM kepada 9.000 KPM melalui PT Pos
Baca juga: Depok hentikan sementara beberapa layanan selama perbaikan aplikasi SIKS-NG

"Maka, hubungan ini menjadi saling mendukung dengan mengolaborasikan keunggulan dari perguruan tinggi, dengan mengimplementasikan ide serta hasil penelitian dalam hal penanganan permasalahan sosial sehingga akan lebih baik lagi," ujarnya.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Kota Depok Nita Ita Hernita menambahkan para mahasiswa melakukan magang dan penelitian di setiap bidang di Dinsos. Para mahasiswa juga turun langsung ke lapangan membantu penanganan PPKS.

"Kami sangat mendukung adanya kerja sama ini karena membawa dampak baik bagi penanganan permasalahan sosial. Bekal untuk mereka juga ketika memasuki dunia kerja," katanya.

Pada kesempatan terpisah, Koordinator dari Universitas Pancasila, Yunan Prasetyo Kurniawan, menambahkan kerja sama dengan Dinsos Kota Depok sejalan dengan program belajar di kampus, dengan mengirimkan mahasiswa untuk magang maupun penelitian, salah satunya terkait dengan program kemanusiaan.

Baca juga: Pelatihan digital marketing pada disabilitas dapat tumbuhkan wirausaha baru

"Dinsos Depok pas sekali dengan program belajar kami untuk melatih soft skill maupun hard skill para mahasiswa, terutama melatih kepekaan mereka terhadap masalah sosial dengan turun langsung dalam penanganan PPKS. Misalnya ODGJ, disabilitas, anak jalanan dan sebagainya," katanya.

Dirinya menambahkan bukan hanya kepentingan para mahasiswa, diharapkan keberadaan akademisi dalam kerja sama ini dapat menyumbangkan ide dan pemikiran untuk membantu kerja Dinsos Kota Depok. Bahkan, bisa bersama dalam menyusun program kemanusiaan.

"Saya pikir ini adalah simbiosis mutualisme. Kami siap mendukung jika ada yang bisa dikerjasamakan terkait program di Dinsos Depok," demikian Yunan.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023