Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat melantik sebanyak 115 anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang bertugas selaku penyelenggara teknis Pemilihan Umum 2024 di daerah itu.

Dalam kesempatan itu Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan meminta 115 anggota terpilih mampu melaksanakan tugas dengan penuh integritas sesuai amanah peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Kami harap anggota PPK terpilih yang dilantik hari ini dapat memegang teguh sumpah atau janji yang telah diucapkan dan melaksanakan tugas dengan amanah, adil, dan penuh integritas," katanya usai pelantikan di Hotel Sahid Lippo Cikarang, Rabu.

Baca juga: 115 dari total 353 peserta terpilih anggota PPK Pemilu Kabupaten Bekasi

Menurut dia integritas dalam melaksanakan amanah selaku panitia pemilihan umum tingkat kecamatan wajib diimplementasikan mengingat anggota PPK merupakan operator teknis lapangan di setiap tahapan pelaksanaan Pemilu 2024.

"Karena mereka adalah ujung tombak dari pelaksanaan Pemilu 2024 yang kita harapkan semua dapat berlangsung secara jujur dan netral," katanya.

Dani juga menekankan anggota PPK turut mensosialisasikan penyelenggaraan Pemilu 2024 kepada masyarakat dengan tujuan peningkatan partisipasi masyarakat sekaligus memastikan tidak ada warga yang kehilangan hak pilih.

Baca juga: 353 calon anggota PPK Kabupaten Bekasi lulus seleksi tertulis

"Karena tingkat partisipasi masyarakat menjadi salah satu indikator keberhasilan pemilu selain penyelenggaraan yang aman, damai, demokratis, serta berkualitas, dan terpilihnya pemimpin yang sesuai harapan masyarakat," kata dia.

Ketua KPUD Kabupaten Bekasi Jajang Wahyudin mengatakan setiap anggota akan mendapatkan edukasi dan bimbingan teknis terkait penyelenggaraan pemilihan umum usai dilantik hari ini.

"Peraturan perundang-undangan mengenai penyelenggaraan pemilu beserta turunan tidak perlu diingat dan dihafal namun saya harap minimal semua PPK tahu mana yang boleh dan tidak boleh dilanggar. Ada lima hal yang harus dipahami semua PPK dan akan kami sampaikan sebagai pembekalan awal," katanya.

Baca juga: 702 calon PPK pada Pemilu 2014 Kabupaten Bekasi lulus seleksi administrasi

Jajang mengaku cukup puas dengan komposisi anggota PPK yang terpilih melalui rangkaian tahapan seleksi. Ia menyebutkan bahwa kini banyak wajah baru sehingga penyelenggaraan pemilu nanti diharapkan bisa digelar secara lebih independen.

"Mayoritas dari mereka saya menyebutnya sebagai wajah baru. Kalau wajah lama bukan berarti mereka dulu jadi PPK juga, ada yang dari petugas PPS di desa dan lain," ucap dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023