Sukabumi (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, terus memperbaiki sarana dan prasarana di lokasi wisata menjelang kedatangan wisatawan pada libur Lebaran 2016.

"Hampir setiap tahun berbagai objek wisata di Kabupaten Sukabumi "diserbu" ribuan wisatawan dari dalam maupun luar Sukabumi untuk menghabiskan masa cuti Lebaran sehingga perbaikan sarana dan prasarana secara rutin kami lakukan," kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Sukabumi, Ahmad Riyadi kepada Antara, Sabtu.

Menurutnya, Kabupaten Sukabumi banyak memiliki objek wisata alamnya mulai dari pantai selatan, gunung, rimba, arung jeram hingga Geopark Ciletuh. Maka dari itu, untuk menarik minat wisatawan datang ke lokasi wisata, berbagai persiapan sudah dilakukan pihaknya.

Selain itu, tidak hanya sarana dan prasarana untuk wisatawan saja yang diperbaiki, tetapi keamanan dan keselamatan para pelancong pun menjadi prioritas pihaknya, khususnya mereka yang datang ke objek wisata laut Sukabumi.

Pihaknya juga menargetkan pada musim liburan ini tidak ada wisatawan yang meninggal dunia akibat kecelakaan di lokasi wisata khususnya laut. Maka dari itu, sarana pendukung lainnya yang saat ini dibenahi adalah sarana informasi di lokasi wisata, sehingga wisatawan bisa mengetahui apa saja yang dibutuhkan dan aturan saat berada di lokasi wisata.

"Kami ingin memberikan pelayanan yang terbaik bagi para wisatawan, karena dengan kedatangan wisatawan tidak hanya bisa menambah pendapatan asli daerah (PAD), tetapi turut membantu meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan warga di sekitar lokasi wisata," tambahnya.

Riyadi mengatakan selain dan prasarana dalam bentuk bangunan, pihaknya juga menyediakan "guide" atau pemandu wisatawan. Nantinya, tugas mereka memandu wisatawan yang ingin berkunjung ke suatu objek wisata.

Untuk pengamanan sendiri, kata dia, pihaknya sudah berkoordinasi dengan petugas gabungan baik dari Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Sukabumi, Polres Sukabumi, TNI, Basarnas Pos Sukabumi, Forum Koordinasi SAR Daerah (FKSD) Kabupaten Sukabumi serta penggiat wisata lainnya.

"Kedatangan wisatawan diprediksi mulai terjadi pada H+2 lebaran, biasanya mayoritas pelancong berasal dari luar Sukabumi dan yang menjadi tempat favoritnya yakni Pantai Palabuhanratu, Pantai Ujung Genteng dan Geopark Ciletuh," katanya.

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016