Alanta (Antara/Reuters/Antara Megapolitan) - Tiga bayi telah lahir di Amerika Serikat dengan cacat lahir kemungkinan terkait dengan infeksi virus Zika, sementara satu keguguran juga dikaitkan dengan virus itu, menurut data yang diperbarui oleh lembaga kesehatan, Kamis.

Data terbaru itu membuat hingga 23 Juni tercatat tujuh bayi menderita mikrosefalus atau cacat lahir lain terkait Zika seperti kelainan otak yang serius, dan lima kegagalan kehamilan baik keguguran, lahir mati atau aborsi.

Data itu tercatat dalam daftar data kehamilan terkait Zika di AS yang dibuat awal bulan ini oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Data itu mengkompilasi hasil cacat kehamilan dengan bukti laboratorium yang berpeluang terinfeksi virus Zika di 50 negara bagian dan Distrik Columbia.

Badan ini sedang memantau 287 wanita hamil dengan bukti laboratorium infeksi Zika, tidak termasuk di wilayah AS seperti Puerto Rico.

Zika telah menimbulkan kekhawatiran di seluruh Amerika karena peningkatan mengkhawatirkan dalam kasus-kasus cacat lahir yang dikenal sebagai mikrosefalus dan kelainan otak lainnya yang parah pada janin yang terkait dengan virus yang dibawa nyamuk yang dilaporkan di Brazil, negara yang paling terpukul oleh wabah itu.

Bayi dengan mikrosefalus cenderung memiliki kepala abnormal atau lebih kecil dari normal dan mungkin berpotensi mengalami gangguan masalah perkembangan.

Brazil telah mengkonfirmasi lebih dari 1.400 kasus mikrosefalus pada bayi yang ibunya terinfeksi Zika selama kehamilan dalam wabah saat ini.

Lebih dari 900 kasus Zika yang dilaporkan di AS sejauh ini melibatkan orang yang terjangkit virus itu di luar Amerika Serikat di daerah dengan wabah Zika aktif, atau terinfeksi melalui hubungan seksual tanpa kondom dengan pasangan yang terinfeksi.

Belum ada kasus laporan penularan lokal dari virus itu di Amerika Serikat, tetapi para ahli kesehatan memperkirakan transmisi lokal terjadi dengan timbulnya musim nyamuk, terutama di negara-negara pantai seperti Florida dan Texas. CDC berencana menerbitkan laporan  yang diperbarui setiap Kamis untuk memastikan laporan terkait Zika tersedia untuk publik.

Penerjemah: G.N.C. Aryani.

    

Pewarta:

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016