Pengelola Central Park Meikarta di Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menggelar Festival Bazar UMKM sejak 18 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023 dalam rangka menyambut pergantian tahun sekaligus dukungan terhadap pengembangan usaha kecil.

"Gelaran ini sejalan dengan kebijakan Pemerintah Kabupaten Bekasi yang terus mengajak berbagai pihak, termasuk dunia usaha untuk turut menggenjot peran UMKM," kata Pengelola Central Park Meikarta Tri Agus Subianto di Cikarang, Rabu.

Dia mengatakan lebih dari 100 pelaku UMKM berpartisipasi di ajang ini dengan komposisi 70 persen pelaku usaha kuliner berbentuk stan dan street food sedangkan 30 persen lainnya merupakan pelaku usaha kecil multi produk.

Baca juga: Bisnis properti Cikarang kembali tumbuh positif tanda ekonomi meningkat

"Panitia menargetkan sekitar 25.000 pengunjung, termasuk para penghuni apartemen Meikarta, diperkirakan hadir meramaikan festival ini," katanya.

Pihaknya bekerja sama dengan panitia lokal dalam upaya pengembangan pelaku usaha kecil ini sekaligus menyuguhkan tujuan akhir wisata akhir tahun penghuni apartemen Meikarta, masyarakat sekitar, maupun pengunjung dari luar Bekasi.

"Yang pasti kami akan selalu mendukung acara-acara UMKM seperti ini dan juga memberikan pelayanan kepada para pengunjung yang ingin liburan akhir tahun dengan mengajak keluarga ke Central Park Meikarta," ucapnya.

Baca juga: Hunian vertikal Cikarang turut dongkrak capaian investasi daerah

Tri menjelaskan Central Park Meikarta merupakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang sangat luas dengan total 105 hektare dengan sejumlah fasilitas seperti danau buatan seluas 50 hektare, wahana bermain anak, dan berbagai jenis tanaman serta satwa.

Sebagai area RTH terbesar dengan danau buatan terluas di Indonesia, kawasan ini telah dianugerahi Rekor MURI pada 2020 lalu. Area tersebut juga berfungsi sebagai resapan air sekaligus tempat rekreasi keluarga, dengan 23 wahana di dalamnya.

"Central Park sudah menjadi destinasi wisata para penghuni apartemen dan warga sekitar. Di dalamnya ada 23 wahana permainan anak dan keluarga seperti carousel, children playground, ATV, lapangan basket, lapangan futsal, Blbebek air, perahu mesin, serodotan donat, scooter trail, dan masih banyak wahana lain," katanya.

Baca juga: Meikarta kini makin lengkap dengan kehadiran Universitas Paramadina

Selain itu di Central Park kini juga telah tersedia area komersial. "Yaitu, area dengan tenant UMKM lokal untuk memenuhi segala kebutuhan penghuni apartemen maupun pengunjung," katanya.

Tri melanjutkan di dalam Central Park Meikarta ada sekitar 96 ribu tumbuhan yang pengelolaannya melibatkan petani lokal. Sejumlah tanaman tumbuh subur di sini, seperti pohon randu, beringin, dan beragam macam jenis bunga.

"Central Park Meikarta kini juga sering dijadikan ajang acara besar berskala nasional seperti kejuaraan balap 'Rally' Nasional, konser musik, colour run, night run, fun bike, serta festival akhir tahun seperti saat ini sedang dilaksanakan," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022