Tim gabungan dari unsur kepolisian, medis dan pemerintahan memantau aktivitas warga maupun wisatawan di sejumlah objek wisata di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Senin, (26/12).
 
"Kami meninjau langsung ke beberapa lokasi wisata air hingga pegunungan. Saat ini belum terlihat adanya lonjakan kedatangan wisatawan," kata Kapolsek Sukabumi AKP Enita Dwi Cahyawaty di Sukabumi, Senin.
 
Menurut Enita, kegiatan bersama dengan unsur Forkopimcam Sukabumi ini untuk memastikan kondusifitas objek wisata yang ada di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota serta memberikan rasa aman dan nyaman kepada setiap pengunjung yang datang ke lokasi pariwisata. 
 
Enita yang juga Kepala Pos Pelayanan Sukabumi menambahkan, pantauan bertujuan untuk memastikan layanan yang diberikan pemilik maupun pengelola objek wisata benar-benar profesional sehingga wisatawan merasa puas atau tidak kecewa. 
 
Kurang dari sepekan menjelang Tahun Baru 2023, objek wisata masih belum ada lonjakan tingkat kunjungan, namun upaya preventif harus dilakukan sejak dini.
 
Di samping itu, pada kegiatan ini pun sekaligus memberikan imbauan kepada wisatawan maupun pengelola objek wisata untuk selalu berhati-hati dan waspada karena dalam beberapa hari terakhir ini turun hujan yang juga disertai angin kencang.
 
"Kami memprediksi peningkatan kedatangan atau kunjungan wisatawan ke berbagai objek wisata yang ada di Sukabumi akan meningkat mulai H-2 dan puncaknya pada H-1 Tahun Baru 2023," katanya. 
 
Pada kegiatan itu, unsur Forkopimcam Sukabumi pun menyempatkan diri memantau aktivitas petugas keamanan gabungan di pos pelayanan wisata untuk memastikan kesiapsiagaan personel dan logistik, antisipasi terjadinya lonjakan kedatangan wisatawan. 
 
Enita pun sudah menugaskan sejumlah personelnya untuk melakukan patroli dan memantau langsung seluruh objek wisata yang ada di wilayah hukumnya untuk memastikan situasi kondusif tetap terjaga serta meminimalisasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan maupun tindak kriminalitas. 
 
Tidak hanya itu, pihaknya pun sudah berkoordinasi dengan instansi lain untuk mempersiapkan strategi dalam mengatur arus lalu lintas khususnya jalur Sukabumi-Selabintana yang sewaktu-waktu bisa terjadi kepadatan kendaraan maupun kemacetan.

Koordinasi ini tentunya untuk antisipasi terjadinya kemacetan arus maupun kecelakaan lalu lintas karena jalan tersebut merupakan jalur utama menuju ke beberapa lokasi wisata di Sukabumi.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022