Polres Sukabumi memastikan warga Nasrani yang melaksanakan misa pada malam perayaan Natal yang digelar di sejumlah gereja di wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, merasa nyaman dan aman.

"Sebelum dilaksanakannya misa, kami telah melakukan sterilisasi ke seluruh gereja yang digunakan untuk melaksanakan misa dan perayaan Natal. Pada pengamanan ini, Polres Sukabumi juga mendapatkan bantuan dari personel Brimob Polda Jabar," kata Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Dharmawansyah di Sukabumi, Sabtu.

Dari pantauan di salah satu di gereja yang berada di Kecamatan Cicurug, pihak kepolisian yang berada di lokasi tidak hanya sebatas melakukan pengamanan, tetapi juga memberikan bingkisan dari Kapolres Sukabumi kepada pendeta dan pengurus gereja.

Selain itu, meskipun terlihat sejumlah anggota Brimob bersenjata lengkap di sekitar gereja, warga Nasrani tetap merasa nyaman dan aman. Satu persatu warga yang hendak masuk ke gereja terlebih dahulu diperiksa barang bawaannya. 

Kendaraan  yang diparkir di pun tidak luput dari pemeriksaan petugas.Langkah ini dilakukan sebagai antisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti adanya aksi teror. 

Menurut Dedy, pengamanan juga tidak hanya dengan menempatkan personel di gereja, tetapi juga melakukan patroli ke berbagai titik pusat keramaian dan rawan yang berada di wilayah hukum Polres Sukabumi.

"Ada 45 personel Brimob Polda Jabar yang diperbantukan untuk pengamanan di Kabupaten Sukabumi. Mereka bertugas hingga selesai perayaan Tahun Baru 2023," katanya.

Ia mengimbau kepada warga untuk bisa saling menghormati serta menjaga toleransi antar-umat beragama dan tidak mudah terprovokasi atau termakan isu-isu maupun informasi yang menyesatkan.
 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022