Sebanyak 2.500 personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor dan unsur masyarakat sadar kamtibmas terlibat pengamanan selama perayaan Natal dan Tahun Baru di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Operasi Lilin 2022 dilakukan dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru mulai dari 22 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023," kata Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin usai gelar pasukan di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Bogor, Kamis.

Ia menyebutkan, forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) sepakat akan menempatkan 2.500 personel tersebut di 15 posko pengamanan yang lokasinya di pusat-pusat keramaian.

Baca juga: Polri Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2022 di Monas untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru
Baca juga: Polres Bekasi siagakan 1.300 personel gabungan amankan Natal dan Tahun Baru

"Pengamanan yang nantinya akan disebar di berbagai titik lokasi seperti gereja-gereja, lokasi wisata, mal, dan lokasi keramaian lainnya," ujarnya.

Iman memaparkan, posko utama Operasi Lilin Lodaya 2022 yaitu di Mako Polres Bogor, kemudian sisanya yaitu di Simpang Gadog, Ciawi, Megamendung, Cisarua, Rindu Alam, Cijeruk, Babakanmadang, Sukaraja, Cibinong, Citereup, Gunungputri, Cileungsi, Jonggol, Ciampea, Parung serta Parungpanjang.

Polres Bogor, kata Iman, sudah berkoordinasi dengan Polres Sukabumi untuk pelaksanaan Operasi Lilin Lodaya 2022, karena banyak wilayah perbatasan kedua daerah yang rentan terjadi kemacetan.

Baca juga: Forkopimda Bogor susun strategi pengamanan selama Natal dan Tahun Baru

"Karena paling ujung perbatasan Kabupaten Bogor itu di wilayah hukum Sukabumi. Sehingga untuk kepadatan arus menuju Sukabumi, berpotensi terjadi penumpukan di ujung. Itu akan dilakukan rekayasa lalin Polres Sukabumi," kata Iman.

Dirinya berharap pelaksanaan Operasi Lilin Lodaya 2022 dapat memberikan kepastian keamanan kepada masyarakat yang merayakan Natal maupun Tahun Baru.

"Agar masyarakat yang merayakan Natal dan Tahun Baru nanti merasa aman dan nyaman," tuturnya.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022