Bogor (Antara Megapolitan) - Sebuah rumah yang terletak Kampung Sukasari Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor, Jawa Barat, tiba-tiba ambruk tanpa ada hujan dan angin, hingga menimpa satu orang penghuninya, Senin.

Kepala Seksi Logistik dan Penanggulangan Bencana Budi Hendrawan menyebutkan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 10.30 WIB, rumah tersebut dihuni oleh tiga kepala keluarga terdiri atas 10 jiwa.

"Satu korban tertimbun atas nama Linda berusia 15 tahun, berhasil diselamatkan, dan kini mendapat perawatan medis di rumah sakit terdekat," katanya.

Rumah tersebut terletak di Kampung Sukasari III RT 02/RW 01, Kelurahan Sukasari, Kecamatan Bogor Timur. Rumah ditempati oleh tiga kepala keluarga, yakni keluarga Yanti (58) terdiri empat jiwa, Angga (26) terdiri tiga jiwa dan Agus (23) terdiri dari tiga jiwa.

Penyebab ambruknya bangunan dua lantai tersebut diduga karena konstruksi bangunan yang tidak kokoh. Bangunan yang ambruk berada di bagian belakang rumah yakni kamar mandi.

"Diduga akibat konstruksi bangunan coran lantai atas tidak kokoh, rapuh, jadi tidak dapat menahan beban di atasnya," katanya.

Korban Linda sempat tertimbun material bangunan selama hampir 20 menit. Korban berhasil diangkat Setelah tim gabungan BPBD, kepolisian dan warga membantu upaya evakuasi korban. Beruntung nyawa korban terselamatkan.

"Korban saat itu sedang berada di dalam rumah, bangunan tiba-tiba ambruk menimpa korban. Korban mengalami luka memar di bagian kaki dan tangan," katanya.

Budi mengatakan peristiwa tersebut juga mengakibatkan tiga rumah lainnya terkena dampaknya yakni miliki Acat (63), Dede (48) dan Iron (51) yang ditempati enam jiwa.

"Untuk sementara pemilik rumah dievakuasi ke rumah sanak saudaranya. Demikian pula untuk tiga rumah yang terdampak, kita minta untuk berhati-hati," katanya.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016