Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, melakukan pemangkasan pohon untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya pohon tumbang selama cuaca ekstrem seperti sekarang ini.

"Mulai hari ini kami memangkas pohon sebagai antisipasi pohon tumbang, karena sekarang ini sering terjadi angin kencang," kata Kepala Bidang Damkar dan Penyelamatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang Rohmat di Karawang, Senin.

Selama beberapa hari terakhir, sejumlah daerah di Karawang dilanda puting beliung.

Baca juga: Pohon tumbang di Karawang hantam pengendara motor

Selain mengakibatkan rumah rusak, puting beliung juga mengakibatkan banyak pohon tumbang, termasuk ada satu tiang listrik tumbang oleh puting beliung.

BPBD Karawang menurunkan dua tim yang bertugas melakukan pemangkasan pohon. Masing-masing tim beranggota 10 orang.

Sasaran pohon yang dipangkas ialah pohon besar yang berada di sisi kanan-kiri jalan raya yang sering dilalui kendaraan di wilayah Karawang..

Baca juga: Puting Beliung Menerjang 17 Rumah di Karawang

Rohmat mengimbau masyarakat tetap waspada pada cuaca ekstrem seperti sekarang ini.

Ia mengatakan selama cuaca ekstrem, cukup tinggi potensi terjadinya bencana alam seperti banjir, longsor, dan puting beliung.

"Apalagi Karawang merupakan daerah yang rawan bencana alam seperti banjir dan angin puting beliung, jadi warga harus tetap waspada," katanya.

Baca juga: Sejumlah daerah di Karawang dilanda angin puting beliung tiga hari berturut-turut

Ia mengimbau masyarakat yang di depan rumah atau sekitar lingkungannya terdapat pohon yang rawan tumbang, bisa melakukan pemangkasan sendiri.

"Warga bisa gotong royong seperti kerja bakti dalam memotong pohon-pohon besar untuk mengantisipasi hal yang tidak kita inginkan," katanya.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022