Satuan Samapta (Satsamapta) Polres Sukabumi Kota meningkatkan patroli keliling ke sejumlah titik lokasi yang dianggap rawan terjadinya kasus kriminalitas untuk mencegah terjadinya aksi premanisme.

"Patroli dialogis ini merupakan kegiatan preventif dan preemtif pada Operasi Pekat Lodaya 2022," kata Kasat Samapta Polres Sukabumi Kota AKP Agus Suhendar di Sukabumi, Jumat.

Menurut Agus, salah satu lokasi yang menjadi fokus pihaknya dalam melakukan kegiatan pencegahan aksi premanisme ini adalah Lapang Merdeka Kota Sukabumi. Lokasi tersebut dianggap rawan karena merupakan salah satu tempat bertemunya atau titik kumpul masyarakat dari berbagai daerah.

Selain itu, lapang ini pun banyak warga melakukan berbagai kegiatan yang tidak hanya berolah raga saja, tetapi ada yang hanya sekedar nongkrong, berjualan dan lain sebagainya.

Personel yang berpatroli, tidak hanya memantau aktivitas masyarakat, tetapi juga berdialog dengan sejumlah warga untuk mendapatkan informasi serta masukan terkait pengamanan khususnya dalam upaya mencegah terjadinya aksi premanisme.

"Kami pun mengimbau kepada warga agar tidak takut melapor jika menjadi korban atau mengetahui adanya aksi premanisme agar bisa dengan cepat kami tindak lanjuti," tambahnya.

Agus mengatakan pencegahan aksi premanisme ini tidak hanya dilakukan pihaknya saat Operasi Pekat Lodaya saja, tapi sudah menjadi kegiatan rutin Satsamapta Polres Sukabumi Kota untuk memberikan rasa aman kepada warga.

Patroli tidak hanya di Lapang Merdeka Kota Sukabumi yang menjadi sasaran pencegahan, tetapi seluruh lokasi yang dianggap rawan terjadinya aksi kriminalitas seperti pusat perbelanjaan, keramaian dan lainnya.      

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022