Petugas gabungan dari unsur kepolisian dan pemerintahan melakukan pemeriksaan terhadap tembok penahan tanah (TPT) Sungai Cigunung di Kampung Kubang Perum Cemerlang, Kota Sukabumi, Jawa Barat pada Rabu (14/12) sebagai antisipasi terjadinya banjir.

"Kami bersama Lurah Sukakarya, Kecamatan Warudoyong dan petugas Dinas Pekerjaan Umum Kota Sukabumi meninjau kondisi TPT di Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong sebagai langkah antisipasi terjadinuya banjir," kata personel Bhabinkamtibmas Polsek Warudoyong Bripka Robert di Sukabumi, Kamis.

Menurut Robert, TPT sepanjang 100 meter ini berfungsi selain untuk menahan longsor juga banjir. Sebab jika volume air Sungai Cigunung meluap kerap masuk ke permukiman dan merendam sejumlah rumah.

Baca juga: Hujan deras picu terjadinya bencana di 15 titik Kota Sukabumi
Baca juga: Ada 14 rumah dan dua sekolah di Sukabumi rusak akibat gempa magnitudo 5,8

Selain itu, peninjauan bersama ini sebagai salah satu upaya mitigasi bencana, apalagi saat ini hujan deras turun hampir setiap hari sehingga berpotensi terjadinya banjir akibat meningkatnya volume air Sungai Cigunung. Kegiatan ini pun merupakan bentuk kepedulian Polri dalam mencegah timbulnya potensi gangguan kamtibmas maupun bencana alam.

Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) Kapolsek Warudoyong AKP Iman Retno menambahkan kegiatan yang dilaksanakan personelnya merupakan bentuk sinergitas Polri dengan instansi lain yang telah terjalin dengan baik.

"Personel yang ditugaskan di lapangan tidak hanya melakukan pengamanan terhadap warga dari tindak kejahatan saja, tetapi ikut mengantisipasi dan mencegah terjadinya bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Langkah ini pun untuk menciptakan kondusifitas kamtibmas di wilayah," tambahnya.

Baca juga: Kota Sukabumi hadapi 166 bencana sejak awal tahun 2022

Iman mengatakan sinergitas yang sudah terjalin dengan baik ini diharapkan bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat serta agar warga lebih komunikatif dengan personel Polri untuk menjaga kondusifitas.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022