Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat mendukung turnamen bola voli tingkat sekolah dasar (SD) dapat menjaring bakat anak yang unggul, mampu berkompetisi dengan sikap adil dan jujur atau sportif agar mampu berprestasi.

"Sportivitas penting, bukan hanya berkemampuan bakatnya saja, memiliki sikap yang sportif akan membawa mereka unggul," kata Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim saat dikonfirmasi di Kota Bogor, Selasa.

Dedie menyampaikan, umur anak SD merupakan bibit-bibit olahragawan yang seharusnya sudah diasah dan dibina agar saat remaja, bagi yang berbakat di bidang olahraga tertentu bisa memasuki jenjang yang lebih serius.

Baca juga: Pemkot Bogor akan gelar turnamen bola voli pelajar jadi agenda tahunan

Pada kegiatan kali ini, tidak kurang dari 16 sekolah dasar (SD) mengikuti ajang turnamen bola voli mini, 12 - 16 Desember 2022. Mereka adalah para siswa SD yang ada di lingkup Kecamatan Bogor Timur.

Menurut Dedie, pembukaan turnamen yang telah berlangsung di halaman SD Negeri Bangka 3, Kecamatan Bogor Timur, Senin (12/12) pagi, ia didampingi Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Hanafi, Perwakilan Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah menyaksikan kemeriahan dan semangat ratusan anak-anak yang hadir.

Sementara itu, dalam laporannya, Ketua Panitia Turnamen Bola Voli Mini Tahun 2022, Chaerudin menjelaskan, turnamen bola voli ini sebagai salah satu perwujudan tanggung jawab kepada masyarakat, bahwa SDN Bangka 3 merupakan sekolah yang gigih melakukan pembinaan olahraga.

Baca juga: Bogor Lavani bikin kejutan dengan juarai Proliga 2022

"Khususnya bola voli yang menjadi ekstrakurikuler unggulan. Perlu diketahui bahwasanya kegiatan kali ini adalah yang ke 19, jadi kegiatan lomba bola voli ini Alhamdulillah sudah eksis selama kurang lebih 19 tahun. Seharusnya kegiatan ini adalah yang ke 22, karena 3 tahun kami vakum dengan adanya pandemi," kata Chaerudin.

Sebagai tuan rumah, sambung Chaerudin, pihaknya memang berinisiatif melaksanakan turnamen bola voli ini, sekaligus sebagai ajang uji coba peningkatan prestasi bagi siswa siswi pelajar SD.

Ia berharap agar pembinaan olahraga khususnya bola voli di sekolah menjadi lebih baik dan lebih bermutu.

Baca juga: Lanud ATS Gelar Pertandingan Voli Antar-rumah Sakit

"Sehingga menghadirkan pemain atau atlet muda yang berbakat dan berprestasi. Yang nantinya mampu bersaing ke jenjang yang lebih tinggi dan mampu mengharumkan nama sekolah maupun daerah," katanya.

Chaerudin juga melaporkan, turnamen diikuti oleh 16 sekolah se-Kecamatan Bogor Timur dengan beberapa jumlah regu. Diantaranya regu putra berjumlah 24 regu dan regu putri berjumlah 15 regu. Para peserta tentunya nanti akan memperebutkan tempat terbaik dalam turnamen ini.

"Dan pasti nantinya untuk para pemenang akan mendapatkan antara lain juara satu, tropi bergilir, tropi tetap, dan uang pembinaan, juara 2,3 dan 4," ujarnya.
 

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022