Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mencatat sebanyak 3.200 orang turut serta memeriahkan Festival Senam Pancakarsa di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Sabtu.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bogor, Iwan Setiawan yang membuka kegiatan tersebut menyebutkan Senam Pancakarsa merupakan olahraga ceria yang diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Bogor, dengan tujuan agar masyarakat gemar berolahraga untuk hidup sehat.

Ia menjelaskan, Senam Pancakarsa sudah sesuai dengan kaidah olahraga senam dan memenuhi ciri umum olahraga kesehatan. Menurutnya, Senam Pancakarsa juga telah resmi menjadi senam khas milik Kabupaten Bogor yang berbeda dari olahraga senam lainnya.

Baca juga: Kabupaten Bogor gelar lomba "Senam Pancakarsa" berhadiah Rp100 juta

"Kami Pemerintah Kabupaten Bogor melalui KORMI hadir untuk mengajak masyarakat menjalankan pola hidup bersih dan sehat, salah satunya adalah olahraga," kata Iwan Setiawan.

Sementara, Ketua KORMI Kabupaten Bogor, Usep Supratman menjelaskan bahwa Festival Senam Pancakarsa tahun ini diikuti 320 kelompok peserta, masing-masing kelompok peserta terdiri dari 10 orang, sehingga totalnya yaitu 3.200 orang.

Usep menerangkan, sesuai dengan Undang-Undang Keolahragaan Nasional (SKN), kini KORMI sudah sejajar dengan KONI. Untuk itu diharapkan mendapatkan perlakuan yang sama antara dua komite olahraga tersebut.

"Tahun 2023, Jawa Barat menjadi tuan rumah Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) ke-7. Kami mohon dukungan, KORMI Kabupaten Bogor akan menjadi bagian dari tuan rumah Fornas" kata Usep.

Baca juga: Kabupaten Bogor luncurkan Senam Pancakarsa peringati Haornas 2020

Ketua KORMI Jawa Barat, Denda Alamsyah mengaku terkesan dengan antusiasme para peserta. Menurutnya, KORMI Kabupaten Bogor dan para penggiat olahraga rekreasi masyarakat Kabupaten Bogor menjadi barometer untuk kabupaten/kota lainnya.

"Saya yakin dengan semakin berkembangnya para penggiat olahraga masyarakat di Kabupaten Bogor, akan turut menyumbangkan atlet-atlet yang akan bertanding di Fornas ke-7 di Jawa Barat. Insya Allah Jawa Barat akan menjadi juara umum," katanya.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022