Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyebutkan sebanyak 444 calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dinyatakan lulus seleksi tes tulis berbasis komputer atau Computer Assisted Test (CAT).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang Miftah Farid, saat dihubungi di Karawang, Jumat, menyampaikan, tes CAT sebelumnya diikuti oleh 619 orang, dan yang dinyatakan lulus sebanyak 444 orang dari 30 kecamatan se-Karawang. 

Penetapan peserta yang lulus seleksi CAT itu berdasarkan hasil rapat pleno KPU Karawang dengan berita acara Nomor 521//PP.04.1-PU/3215/2022, tanggal 7 Desember 2022. 

"Mereka yang lulus tes CAT selanjutnya harus menjalani seleksi berikutnya, yakni tes wawancara," katanya. 

Untuk tes wawancara bagi para pelamar anggota PPK untuk Pemilu 2024 tersebut akan digelar pada 11-13 Desember 2022, di kantor KPU Karawang.

Selanjutnya, KPU Karawang akan menetapkan anggota PPK terpilih pada 16 Desember 2022.

Untuk kebutuhan PPK di Karawang pada Pemilu serentak 2024 sebanyak 150 orang. 

Sebanyak 150 orang anggota PPK tersebut akan bertugas di 30 kecamatan sekitar Karawang. Jumlah personel PPK di masing-masing kecamatan terdapat lima orang. 

Farid menyebutkan perekrutan PPK untuk Pemilu 2024 itu sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. 

Sementara itu, saat ini selain menyiapkan anggota PPK, KPU Karawang juga tengah menjalankan tahapan Pemilu lainnya, yakni merumuskan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD Karawang. 

Mengenai dapil pada Pemilu 2024, ada dua rancangan yang dikeluarkan KPU Karawang, yakni enam dapil dan tujuh dapil. 

Saat ini, rancangan tersebut sedang dalam pembahasan dan sudah memasuki tahap uji publik. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022