Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok Jawa Barat hingga September 2022 telah menyalurkan 3.280 bibit tanaman yaitu terdiri atas 2.066 bibit pohon penghijauan dan 1.214 pohon buah.

"Penyaluran bibit tanaman ini penting untuk menjaga kelestarian lingkungan kita," ujar Kepala DLHK Kota Depok Ety Suryahati, di Depok, Rabu (7/12).

Dikatakannya bibit terdiri dari bermacam-macam jenis, seperti pohon bougenville, pohon mangga, tabebuya, alpukat, trembesi dan lain-lain. DLHK juga mendapat bantuan bibit dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) setiap tahunnya.

Baca juga: Pemkot Depok Galakkan Program Kebersihan Dan Penghijauan
Baca juga: Wawali Depok Ajak Beramal Melalui Penghijauan

"KLHK turut memberikan sumbangsih dengan mensupport kami dalam pengadaan bibit pohon. Berapapun yang kami minta, Alhamdulillah selalu dipenuhi," katanya.

Selain memberikan bibit pohon, ujar Ety, DLHK juga kerap memberikan alat kebersihan kepada wilayah maupun penggerak lingkungan. Hal ini merupakan bentuk stimulus agar warga peduli dan bergotong-royong dalam pelestarian alam.

"Kami berpesan kepada seluruh masyarakat untuk melaksanakan kegiatan penanaman pohon. Dimana ada lahan kosong, manfaatkanlah untuk menanam pohon," katanya.

Baca juga: Pemkot Depok apresiasi langkah UIII hijaukan kampus dengan 500 bibit pohon

Ety mengatakan pada peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia yang jatuh setiap tanggal 28 November 2022, kami juga melakukan penanaman pohon serentak

Menurut Ety, peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia merupakan momentum strategis dalam upaya mengantisipasi perubahan iklim global, degradasi, deforestasi hutan dan lahan. Serta kerusakan lingkungan lainnya yang mengakibatkan penurunan produktivitas alam. 

"Kami menanam sedikitnya 500 bibit pohon. Di antaranya, pohon mangga, tabebuya, alpukat dan trembesi," katanya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022