Komando Distrik Militer (Kodim) 0509/Bekasi, Jawa Barat memimpin latihan gabungan bersama unsur kepolisian, perangkat daerah, serta relawan bencana dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana.

Latihan personel gabungan untuk siap siaga sekaligus pencegahan dan penanggulangan bencana ini dipusatkan di area Situ Rawa Binong, Desa Hegarmukti, Kecamatan Cikarang Pusat, Sabtu pagi.

"Kegiatan ini untuk melatih kesiapsiagaan seluruh komponen yang ada di Kabupaten Bekasi sebagai antisipasi potensi terjadinya bencana alam," kata Dandim 0509/Bekasi Letkol Inf M. Horison Ramadhan usai kegiatan.

Baca juga: Pemkab Bekasi gelar apel siaga bencana
Baca juga: Wilayah Kabupaten Bekasi masih berstatus siaga bencana

Dia mengatakan latihan penanggulangan bencana ini dilaksanakan secara serentak dan terfokus di lima wilayah kodim, yakni Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Depok, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi.

"Latihan geladi lapang di Situ Rawa Binong ini bertujuan agar ketika terjadi bencana alam, setiap komponen mengetahui tugas dan tanggung jawab masing-masing. Kita berdoa dan berharap mudah-mudahan tidak terjadi bencana di Kabupaten Bekasi," katanya.

Pihaknya mengaku sudah menginstruksikan seluruh jajaran prajurit di masing-masing komando rayon militer untuk membuat dan memetakan wilayah potensi bencana di Kabupaten Bekasi.

Baca juga: Plt. Bupati Bekasi ajak masyarakat siap siaga hadapi bencana

"Mereka sudah membuat peta dan sudah berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan kepolisian sektor juga sudah menyiapkan lokasi evakuasi apabila di wilayah tersebut terjadi bencana," ucapnya.

Horison berharap, latihan gabungan seperti saat ini dapat terus dilaksanakan sehingga apabila di kemudian hari terjadi bencana alam, para personel gabungan mampu menjadi garda terdepan dalam meminimalisasi risiko bencana.

"Terima kasih atas kontribusi BPBD, Polri, relawan dan masyarakat penggiat bencana, serta prajurit-prajurit kita yang sudah ikut dalam latihan gabungan ini. Ke depan saya ingin agar kegiatan ini digelar rutin supaya segenap personel yang ikut mampu melakukan upaya penanggulangan bencana secara bersama-sama," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022