Personel bawah kendali operasi (BKO) Polres Sukabumi Kota yang ditugaskan ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat melakukan kegiatan sosial kepada penyintas bencana salah satunya menghibur dan memulihkan trauma kepada anak-anak yang mengungsi di Bedeng Mas, Kampung Cikaret.

"Kegiatan yang kami lakukan ini sebagai upaya untuk memulihkan trauma anak-anak yang terdampak gempa agar tidak mengalami trauma berkepanjangan," kata Kasat Binmas Polres Sukabumi Kota AKP Iman Retno di Sukabumi pada Jumat, (2/12).

Menurut Iman, kegiatan yang dilaksanakan di dua lokasi di pengungsian Kabupaten Cianjur yakni Bedeng Mas, Kampung Cikaret, RT 05/01 dan MI Al-Falah Kampung Cikaret RW 02, Desa Sukamaju ternyata menarik perhatian dari warga khususnya anak-anak.

Baca juga: PMJ-Relawan Siapbergerak bantu trauma healing korban gempa Cianjur
Baca juga: Polwan Polres Sukabumi Kota berikan terapi sembuhkan trauma anak Cianjur

Tim Trauma Healing Polres Sukabumi Kota memberikan berbagai macam hiburan kepada anak-anak yang bisa menarik gelak tawa. Kemudian anak yang menjadi penyintas gempa pun diajak bermain di lokasi pengungsian, mengaji Al-Quran serta diberikan ratusan paket makanan ringan yang digemari anak-anak.

Ternyata kegiatan yang dilakukan personel BKO Polres Sukabumi Kota tersebut bisa mengubah pancaran wajah anak-anak yang awalnya murung menjadi lebih ceria. Pihaknya pun berharap para penyintas berkurang rasa sedihnya dan kembali bangkit.

Selain trauma healing, pihaknya pun membantu pendistribusian bantuan logistik bagi warga dan korban bencana gempa bumi yang tinggal di beberapa posko maupun lokasi penampungan lainnya di Kabupaten Cianjur.

Baca juga: Pelawak PMI berikan motivasi kepada warga dan anak korban gempa Cianjur

"Tentunya kami berharap berbagai kegiatan dan bantuan kemanusiaan yang dilaksanakan ini bisa bermanfaat dan mempercepat pemulihan trauma masyarakat pasca-bencana gempa bumi," tambahnya.

Iman mengatakan tidak hanya di Kabupaten Cianjur, pihaknya pun memberikan berbagai bantuan untuk korban gempa yang berada di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota baik di Kabupaten maupun Kota Sukabumi. Bahkan Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin pun sempat turun langsung ke pengungsian korban gempa di Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi untuk memberikan motivasi serta bantuan logistik.

Pewarta: Aditya Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022