Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi mengembangkan budidaya pembesaran udang vaname (Litopenaeus vannamei) di Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Udang vaname merupakan salah satu komoditas tambak yang mempunyai nilai ekonomi tinggi, bahkan permintaan pasar pun cukup tinggi baik pasar nasional maupun ekspor," kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi Nunung Nurhayati di Sukabumi pada Sabtu.

Menurut Nunung, pihaknya menggandeng kelompok pembudidaya ikan (pokdakan) di Desa/Kecamatan Tegalbuleud untuk mengembangkan usaha budidaya pembesaran udang vaname

Baca juga: Budi daya udang vaname Sukabumi tembus Jepang
Baca juga: Mahasiswa Pascasarjana IPB Buat Pakan Artemia BerProbiotik Untuk Larva Udang Vaname

Selain itu, pihaknya sudah meninjau dan mengkaji lokasi yang dijadikan tambak udang vaname ini. Dari hasil evaluasi, lokasi tambak tersebut sangat cocok untuk pembesaran udang vaname karena kualitas airnya cocok dan layak.

Kemudian, untuk antisipasi kebocoran, tambak pun dilapisi terpal high density polyethylene (HDPE) yangn tahan terhadap korosi, cairan asam, ataupun panas tinggi dan bisa meningkatkan survival rate (SR) atau tingkat kehidupan ikan lebih tinggi.

"Di Kabupaten Sukabumi sudah ada beberapa pokdakan yang berhasil membudidayakan udang vaname seperti Pokdakan Cipeundeuy di Kecamatan Surade dan Poktan Medal Munggaran di Kecamatan Tegalbuleud," tambahnya.

Baca juga: Peneliti IPB Gunakan Teknologi Perifiton Untuk Tingkatkan Produksi Udang Vaname

Nunung mengatakan benih atau benur akan menggunakan milik Pokdakan Cipeundeuy dan Poktan Medal Munggaran yang tujuannya agar ada kolaborasi antar-kelompok dalam meningkatkan perekonomian warga khususnya di wilayah selatan Kabupaten Sukabumi.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022