Cikarang, Bekasi (Antara Megapolitan) - Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengadakan pengobatan gratis di Desa Tambun, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

"Dalam pengobatan gratis ini dilakukan sosialisasi bahaya penyakit kanker servik pada wanita dan dilakukan sunat masal," kata Kepala Desa Tambun, Kecamatan Tambun, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jaut Sarja Winata di Tambun, Senin.

Menurut dia, sosialisasi yang dilakukan mahasiswa tidak hanya mengenalkan bahaya penyakit saja, melainkan juga cara mengatasi dan mencegah penyakit ini berkembang pada salah satu organ kewanitaan.

Ia menambahkan, mahasiswa kedokteran juga melakukan pengecekan serta pengobatan kanker servik.

Ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian mengingat jarang sekali ada sosialisasi dari pemerintah daerah tentang bahaya penyakit tersebut.

Diskusi dan pengobatan gratis dari mahasiswa Universitas Indonesia ini cukup membantu masyarakat di lokasi kegiatan ini.

Mahasiswa juga mengenalkan program baru, yaitu melakukan pengecekan dengan "female cancer" yang dikenal cukup akurat dalam mendeteksi penyakit tersebut.

Sementara itu, Ketua Penanggungjawab Pelaksana, Julius mengatakan, untuk melakukan kegiatan ini sudah dilakukan survei ke Desa Tambun.

Ini dilakukan sebagai bahan studi banding mahasiswa kedokteran serta sebagai bahan penelitian tentang bahaya kanker servik. Karena itu dilakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat.

Pewarta: Mayolus Fajar Dwiyanto

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016